Pilih Windows Hosting atau Linux Hosting Untuk WordPress

Pilih Windows Hosting atau Linux Hosting Untuk WordPress

Berbicara mengenai Web Hosting untuk WordPress, kita bisa memilih untuk menggunakan Windows Hosting atau Linux Hosting. Biasanya yang paling pertama dipertimbangkan oleh kebanyakan orang adalah sistem operasi yang berjalan pada server-nya. Windows dan Linux merupakan dua sistem operasi besar yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disini kami akan berusaha menjelaskan Web Hosting terbaik untuk WordPress.

Mengerti Kebutuhan Hosting Kamu

Windows Hosting dan Linux Hosting keduanya menawarkan fitur-fitur yang hampir sama. Namun Windows memiliki kelebihan karena mendukung ASP.Net dan MSSQL. Jadi jika situs kamu menggunakan CMS atau aplikasinya menggandalkan ASP.Net dan MSSQL, maka kamu tentunya harus memilih server berbasis Windows.

Linux Hosting Lebih Cepat?

Secara umum banyak yang berpikir bahwa Linux Hosting memiliki kinerja yang lebih cepat, hal ini tidak bisa dikatakan benar sepenuhnya. Namun jika situs dan aplikasi yang dibuat mengandalkan PHP dan MySQL, Linux menawarkan kinerja yang lebih cepat 20% dibandingkan Windows. Dan juga Linux lebih bisa diandalkan untuk menjalankan PHP dan MySQL.

Jadi jika situs atau blog yang kamu gunakan menggunakan CMS seperti WordPress, Drupal, atau Joomla, maka Linux Hosting lebih tepat untuk kamu.

Linux Lebih Aman

Linux Hosting dan Windows Hosting keduanya sangat rentan untuk di-hack jika server-nya tidak dikonfigurasikan secara baik. Kenapa Linux lebih aman? Hanya karena lebih banyak varian virus yang menyerang sistem operasi Windows dibandingkan pada Linux, yang membuatnya lebih aman.

Linux Lebih Murah

Seperti yang kita tahu ASP.Net dan MSSQL tidaklah gratis. Ketika memilih untuk menggunakan Windows tentunya akan ada tambahan biaya lisensi yang memang di-charge dari Microsoft. Untuk harga sewa hosting tentunya tergantung paket yang dipilih, dan biasanya Hosting berbasis Linux lebih murah sekitar 30% dibandingkan Windows.

Sebagai contoh, Jakartawebhosting.com menyediakan berbagai jenis hosting untuk kamu, termasuk Windows Hosting dan Linux Hosting. Untuk Linux Hosting dikenakan biaya mulai dari Rp10.000 / bulan, sementara Windows Hosting dikenakan biaya mulai dari Rp30.000 / bulan. Dari sini bisa dilihat perbedaan harga yang cukup jauh.

Windows Hosting atau Linux Hosting

WordPress merupakan salah satu CMS yang paling banyak digunakan, dimana WordPress mengandalkan PHP dan MySQL. Jika kamu membuat situs atau blog menggunakan CMS, maka server dengan sistem operasi Linux sangat cocok untuk kamu pilih. Meski Windows Hosting juga mendukung PHP, namun biaya menggunakan Linux Hosting lebih murah.

Jika kamu tertarik untuk menggunakan Windows Hosting untuk WordPress yang kamu buat. Kamu bisa memilih Jakarta Webhosting

Windows Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.