8 Tips Mempercepat Komputer Windows

8 Tips Mempercepat Komputer Windows

Sistem operasi Windows menjadi sistem operasi yang paling banyak dipasang pada perangkat komputer di seluruh dunia. Orang memilihnya karena memiliki sistem yang sangat user-friendly. Namun terkadang sistem operasi Windows memiliki masalah yang hampir sama terjadi dibanyak komputer, yakni kinerja yang lambat, komputer kita sering terasa menjadi lag. Namun untuk mengatasi masalah ini, kita bisa mengikuti langkah-langkah ini. Berikut ini adalah 8 tips untuk mempercepat komputer Windows.

1. Mengatur Program Starup

Salah satu masalah kinerja yang terjadi pada sistem operasi Windows adalah masalah proses boot yang lama. Hal ini disebabkan oleh banyakan program startup yang dijalankan pada saat boot, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk booting. Untuk mempecepat komputer Windows, kamu bisa mengatur program starup dengan menonaktifkannya pada saat proses boot.

Jika kamu menggunakan Windows 7, tekan tombol Start, dan ketik “MSConfig” dari run dan tekan enter. Akan terbuak jendela System Configuration lalu masuk ke tab Starup. Hapuc centang pada aplikasi yang tidak kamu inginkan untuk jalan pada saat startup.

2. Hapus Program Bloatware

Biasanya ketika kita membeli laptop atau desktop, biasanya akan dipasang dengan program atau game yang tidak kita butuhkan. Kamu bisa menghapus program ini, karena terkadang program ini dapat berjalan di background yang dapat memperlambat kinerja PC kamu.

3. Hapus File Duplikat

File duplikat selalu ada di komputer kamu. File ini bisa ada karena berbagai asalah seperti backup data, download file, file sharing dan alasan lainnya. File duplikat ini biasanya seperti file musik, gambar, dokumen dan file lainnya. File ini dapat mempengaruhi kinerja komputer. Untuk mempercepat komputer, kamu bisa menghapus file duplikat menggunakan aplikasi penghapus file duplicate. Kamu bisa mencarinya di Google.

4. Hapus File Temporary

File temporary akan terakumulasi memenuhi hard disk komputer kamu, karena beberapa aktivitas seperti browsing internet, memasang berbagai aplikasi dan game, dan aktivitas lainnya. Kamu bisa menghapus file temporary dengan masuk ke My Computer-> Local Drive C:-> Windows-> Temp. Pada folder ini, kamu bisa melihat semua file temporary di sistem komputer kamu, hapus semua file yang tidak dibutuhkan.

5. Bersihkan Hard Disk

Kinerja yang lambat juga bisa disebabkan oleh data pada hard disk yang tidak terorganisir dan berantakan. Untuk mempercepat komputer Windows, kamu bisa membersihkan disk secara berkala dengan aplikasi disk cleanup.

6. Defragment Hard Disk

Hard disk akan terfragmentasi dari waktu ke waktu dan akan menciptakan masalah seperti sistem menjadi lag dan crash, dan juga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengambil data. Untuk mempercepat komputer Windows, kita bisa melakukan Defragment pada hard disk. Bisa menggunakan tool bawaan Windows atau aplikasi pihak ketiga.

7. Pasang Anti-Malware

Malware, adware dan spyware dapat terpasang pada komputer tanpa sepengetahuan kamu, hal ini dapat berbahaya dan juga membuat sistem menjadi sangat lambat. Untuk itu kamu bisa memasang aplikasi anti virus atau anti-malware untuk melindungi, mendeteksi dan menghapus program jahat di komputer kamu.

8. Jalankan Error Checking

Error checking yang dilakukan secara berkala dapat membantu kamu menemukan error atau kerusakan yang terjadi pada hard drive. Untuk melakukannya masuk ke My Computer-> klik kanan pada drive yang kamu ingin cek-> Pilih Properties-> Pilih Tool, dan klik Check Now sekarang.

Selain cara di atas, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengupgrade hardware yang kamu gunakan sekarang. Seperti misalnya menggunakan hard disk SSD, menambah RAM, mengganti video card atau yang lainnya.

Karena sering kali orang-orang menyepelekan web hosting untuk websitenya, yang berujung websitenya lemot untuk diakses. Maka dari itu, pastikan Anda memilih web hosting yang memiliki kecepatan server dan kecepatan internet yang sangat cepat. Sehingga website Anda dapat diakses dengan cepat oleh pengunjung.

Selain itu, pastikan keamanan juga tak kalah diutamakan. Karena keamanan data Anda dalam server web hosting menjadi taruhan nyawa website Anda supaya tetap berjalan. Maka dari itu, pilih web hosting yang memiliki keamanan server yang sangat ketat dengan sistem keamanan yang berlapis sampai ke anti virus yang mampu menghalau segala macam virus.

Itu lah alasan kenapa Anda harus memilih Jakartawebhosting.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi https://www.jakartawebhosting.com yang menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.