Cara Menonaktifkan SMB1 di Windows

Cara Menonaktifkan SMB1 di Windows

Ransomware WannaCry memang sempat menghebohkan dunia termasuk di Indonesia, dimana jenis malware ini mengenkripsi file yang ada di komputer korban sehingga tidak bisa digunakan, untuk mengakses kembali file tersebut harus membayar sejumlah tebusan. WannaCry menggunakan eksploitasi EternalBlue yang memanfaatkan celah pada layanan SMB di sistem operasi Windows.

SMB atau Server Message Block merupakan network file sharing protocol yang memungkinkan untuk berbagi file, printer dan lainnya antar komputer Windows. Ada tiga versi dari SMB yakni SMBv1, SMBv2 dan SMBv3, Microsoft merekomendasikan untuk menonaktifkan SMB1 untuk alasan keamanan.

Mungkin ransomware WannaCry sudah hilang untuk saat ini, namun siapa yang tahu kedepannya akan bakal muncul lagi malware yang memanfaatkan celah ini. Jadi memang direkomendasikan untuk menonaktifkan SMB1 di komputer Windows.

Menonaktifkan SMB1 di Windows 10 / 8 / 7

Untuk melindungi komputer kita dari serangan ransomware WannaCry atau malware lain yang memanfaatkan celah yang sama, kita harus menonaktifkan SMB1 ditambahkan kita juga harus meng-install patch yang dirilis oleh Microsoft.

Cara menonaktifkan SMB1 dari Control Panel

  • Buka Control Panel – > Program & Features – > Turn Windows features on or off.
  • Akan muncul pilihan Windows feature, cari pilihan yang bernama SMB 1.0/CIFS File Sharing Support. Kemudian hapus centang pada pilihan ini, kemudian tekan OK.
  • Setelah itu pilih pilihan untuk me-Restart komputer kamu.

Cara menonaktifkan SMB1 dari PowerShell

  • Buka PowerShell dengan Admininstrator. ketik command dibawah ini dan tekan enter untuk menonaktifkannya:
Set-ItemProperty -Path "HKLM:\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters" SMB1 -Type DWORD -Value 0 –Force

Cara menonaktifkan SMB1 dari Windows Registry

Kita juga bisa menonaktifkannya dari Windows Registry. Jalankan regedit, dan cari registry key:

HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parameters

Pada panel di sebelah kanan, seharusnya tidak ada DWORD SMB1, namun jika ada kamu harus mengganti value-nya menjadi 0 untuk menonaktifkannya.

Sangat direkomendasikan untuk menonaktifkan SMB1, karena teknologi ini telah berusia lebih dari 30 tahun.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.