Cara Mempercepat PC Windows Yang Semakin Lama

Cara Mempercepat PC Windows Yang Semakin Lama

Jika kamu menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows baik Windows 7, Windows 8 maupun Windows 10, pastinya kamu merasakan seiring dengan waktu komputer kamu menjadi semakin lama kinerjanya. Ada banyak alasan yang dapat menyebabkan komputer kamu menjadi semakin lambat.

Cara yang paling mudah dan paling cepat adalah dengan merestart PC Windows, yang dapat memberbaiki beberapa isu. Namun hal ini tidak memperbaiki masalah secara permanen.

Kali ini saya akan mencoba menuliskan beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat PC Windows kamu, baik itu komputer desktop maupun laptop.

1. Mempercepat PC Windows – Bersih-Bersih

PC Windows kamu semakin melambat bisa disebabkan oleh semakin menumpuknya file sampah di dalamnya. Untuk itu kamu bisa harus bersih-bersih. Salah satu aplikasi cleaner terbaik yang bisa kita gunakan gratis adalah dengan menggunakan CCleaner.

Download dari situs resminya, kemudian install di PC Windows kamu. Buka aplikasi CCleaner, kemudian klik Analyze, setelah proses analisa selesai, pilih Run Cleaner. Untuk settingannya biarkan saja sesuai dengan bawaannya.

2. Mempercepat PC Windows – Tutup Program di System Tray

Banyak aplikasi yang berjalan di system tray, atau notification area. Aplikasi ini sering berjalan pada saat starup dan tetap berjalan di background, yang dapat menyebabkan PC windows kamu berjalan lambat. Untuk itu kamu bisa mematikannya. Caranya dengan mengklik icon panah keatas di pojok kanan pada system tray. Lalu klik kanan pada aplikasi yang tidak kamu inginkan berjalan di background, dan tutup aplikasi tersebut.

3. Mempercepat PC Windows – Disable Startup Program

Biasanya boot atau waktu menyalakan komputer yang lama disebabkan oleh banyaknya program yang dijalankan pada saat startup. Untuk itu kita harus men-disable aplikasi-aplikasi tersebut.

Pada Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, ada startup manager di aplikasi Task Manager. Untuk membuka Task Manager, klik kanan Taskbar (bar dibawah sederetan dengan Home), pilih Task Manager. Setelah terbuka pilih tab Starup, pilih aplikasi-aplikasi yang ingi di-disable, lalu tinggal klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih disable.

4. Mempercepat PC Windows – Kurangi Animasi

Tampilan pada Windows penuh dengan animasi yang dapat membuat komputer kamu berjalan lambat. Untuk mengurangi animasi ini, tekan tombol Windows + X pada keyboard. Pilih System-> Advanced System Settings, lalu dibawah menu Performance klik tombol Settings. Pilih “Adjust for best performance” untuk kinerja yang lebih baik, namun tampilannya akan banyak berubah. Atau pilih Custom, dan matikan animasi yang tidak kamu inginkan dengan tidak mencentangnya.

5. Mempercepat PC Windows – Hapus Program Yang Tidak Digunakan

Hapus aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan, selain dapat melegakan harddisk, juga dapat mempercepat PC Windows kamu, karena mungkin aplikasi tersebut berjalan pada background, memiliki entry autostart, berjalan di system services, dan lainnya yang dapat menyebabkan komputer berjalan lambat.

6. Mempercepat PC Windows – Scan Virus

Komputer lambat bisa disebabkan oleh malware, adware, spyware dan program jahat lainnya. Untuk itu kamu wajib memasang aplikasi anti-virus di PC Windows kamu, banyak aplikasi anti-virus gratis yang bagus, atau jika menginginkan perlindungan yang lebih bagus membeli versi premiumnya.

Setelah memasang program anti-virus, scan komputer kamu untuk melihat apa komputer kamu terjangkit malware, trojan, spyware atau sejenisnya.

7. Mempercepat PC Windows – Reset / Reinstall Windows

Jika komputer kamu tetap berjalan lambat, cara terakhir adalah dengan me-reset atau meng-install ulang PC Windows kamu.

Untuk Windows 7 kamu bisa meng-install ulang. Tapi di Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10, ada pilihan yang lebih mudah yakni Reset PC.

Di Windows 8, buka Settings dengan mouse over ke kanan, pilih Change PC Settings, lalu pilih General. Scroll kebawah disana ada Refresh dan Remove: Refresh untuk mereset PC tanpa menghapus file, dan Remove menghapus semuanya.

Di Windows 10, tinggal Search saja Reset PC, pilih Reset this PC, lalu pilih Get Started dibawah Reset this PC.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.