Cara Mudah Menghemat Baterai Windows 10

Cara Mudah Menghemat Baterai Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi dengan tampilan yang paling menarik. Namun, masalah terbesar pada sistem operasi buatan Microsoft ini adalah baterainya (jika menggunakan laptop). Kamu bisa beradaptasi dengan kebiasan baru pada penggunaan harian dan dengan mudah mendapatkan beberapa menit tambahan sebelum baterai habis.

Tidak hanya Windows 10, sistem operasi Windows memang terkenal boros akan baterai, terlepas dari versi Windows yang kamu gunakan. Banyak orang yang sering bertanya-tanya bagaimana cara untuk memaksimalkan baterai pada Windows 10. Ternyata untuk mengoptimalkan penggunaan baterai pada laptop yang berjalan dengan Windows 10 tidak sesulit yang menjadi anggapan banyak orang. Kita hanya harus menghidari fitur-fitur yang tidak dibutuhkan yang dapat menguras baterai pada laptop.

Cara Menghemat Baterai Windows 10

1. Windows 10 Battery Saver Mode

Windows 10 hadir dengan dua power mode: Battert saver mode dan mode normal. Battery saver made dapat mencegah Windows menguras baterai laptop kamu terlalu banyak ketika tidak mencoloknya ke sumber listrik. Dapat mengurangi penggunaan baterai hingga 20% dibandingkan dengan mode normal.

2. Hapus Aplikasi dan Software Yang Tidak Dibutuhkan

Windows 10 hadir dengan banyak aplikasi bloatware, saya sendiri tidak pernah menggunakannya. Saran saya adalah menghapus atau uninstall aplikasi tersebut, karena banyak dari aplikasi ini yang mungkin terhubung ke internet. Jadi menghapus aplikasi ini dapat membantu mengurangi penggunaan baterai.

3. Lihat Aplikasi Yang Berjalan di Startup

Software yang kamu install terkada membuat entri di startup, jadi ketika Windows booting akan meloading aplikasi-aplikasi ini. Kamu bisa men-disable aplikasi yang berjalan di starup dari Task Manager, lalu pilih tab Startup, dan disable aplikasi yang kamu inginkan.

4. Turunkan Speed Prosesor

Tentunya kita tidak ingin prosesor pada laptop kita selalu berjalan dengan potensi penuhnya, karena yang ada malah akan menguras baterai. Kita bisa mengurangi kapasitas kinerja maksimum dari prosesor untuk menghemat baterai. Cara melakukannya:

  • Buka Power Options.
  • Pilih Change plan settings, lalu pilih plan “Power saver”.
  • Kemudian klik “Change plan settings” disebelah Power saver.
  • Lalu klik “Change advanced power settings.”
  • Di Windows pop up yang baru muncul, cari pilihan “Processor power management,” double klik, kemudian double klik lagi pada “Maximum processor state” turunkan saja menjadi 70% pada “On Battery.”
  • Klik Apply, kemudian OK.

Jika laptop jadi melambat, naikan saja persentasenya kembali.

5. Matikan Wi-Fi, Bluetooth Jika Tidak Digunakan

Untuk Wi-Fi sepertinya akan selalu digunakan, tetapi lain halnya dengan Bluetooth. Matikan saja Bluetoot jika tidak digunakan, dan jika Wi-Fi juga tidak digunakan lebih baik matikan saja.

6. Update Windows Hanya Ketika di Charge

Kadang update Windows membutuhkan waktu yang lama, jadi ketika update lakukan sambil men-charge baterainya.

7. Kecilkan Tingkat Kecerahan

Tingkat kecerahan pada layar juga mempengaruhi baterai. Merendahkan tingkat kecerahan dapat membantu menghemat baterai di Windows 10.

8. Cabut Peripheral Yang Tidak Digunakan

Terkadang kita mencolokan smartphone ke laptop menggunakan kabel USB. Meski memang hanya mengkonsumsi baterai yang sangat kecil, namun tetap saja harus dihitung. Jadi cabut peripheral yang digunakan misalnya flash disk, hard disk eksternal, layar eksternal dan lainnya.

9. Jaga Laptop Tetap Bersih

Debu dapat menghalangi saluran ventilasi untuk mengeluarkan panas, yang bisa menyebabkan komponen hardware laptop menjadi terlalu panas dan menjadi rusak termasuk baterai. Kepanasan dapat meningkatkan reaksi kimia didalam baterai, yang dapat mengurangi kapasitas baterai dan kelamaan akan membuatnya tidak bisa lagi digunakan. Sering-seringlah membersihkan saluran pembuangan panas.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.