Cara Mengurangi Penggunaan Data di Windows 10

Cara Mengurangi Penggunaan Data di Windows Hosting

Tethering merupakan teknologi yang memungkinkan smartphone kita menjadi WiFi hotspot, jadi kita bisa internetan dari laptop yang terhubung ke smartphone yang sudah mengaktifkan tethering. Namun yang menjadi masalah adalah biasanya kuota data terbatas, dan dengan tethering bisa menguras habis kuota kita. Kabar baiknya jika kamu menggunakan laptop atau PC dengan sistem operasi Windows 10, kamu bisa mengurangi penggunaan data.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara untuk mengurangi penggunaan data di Windows 10. Berikut ini adalah beberapa caranya.

1. Buat Koneksi Wi-Fi Hotspot sebagai Metered

Jika untuk internetan di laptop atau PC Windows 10 kamu menggunakan Wi-Fi hotspot dari smartphone kamu, untuk menggurangi penggunaan data, maka kamu harus mengubah koneksinya ini menjadi “metered.” Jika sudah ditentukan metered maka sistem akan lebih efisien dalam menggunakan data.

Untuk mengubah koneksi Wi-Fi menjadi metered, caranya:

  • Masuk ke menu Settings.
  • Lalu buka Network & Internet, lalu pilih Wi-Fi.
  • Klik pada jaringan Wi-Fi yang terhubung.
  • Scroll kebawah sampai menemukan pilihan “Set as metered connection,” klik On untuk mengaktifkannya.

2. Stop Sinkronisasi OneDrive

Windows 10 hadir dengan aplikasi OneDrive, yang jika kamu login menggunakan akun Microsoft akan secara otomatis mensinkronisasi file dari/ke Cloud. Jika kamu mengaktifkan koneksi metered, akan muncul pesan yang memberitahukan jika kamu ingin mem-pause sinkronisasi OneDrive. Atau saya sendiri tidak login menggunakan akun Microsoft.

3. Stop Program Lain Untuk Download dan Upload Data

Jika kamu menggunakan aplikasi client game seperti Steam, Battle.net, Origin atau Uplay, ataupun aplikasi download manager dan torrent, biasanya mereka berjalan di background meneruskan secara otomatis proses download atau upload yang terhenti atau mengupdate game secara otomatis.

Untuk kita pastikan kita menutup semua aplikasi tersebut dan jangan biarkan tetap berjalan di background dan juga tutup aplikasi ini dari system tray, dan pastikan juga untuk mengupdate game patch secara manual.

4. Mengurangi Penggunaan Data di Web Browser

Internetan di laptop atau PC Windows 10 dengan aplikasi web browser dapat menjadi pemborosan menghabis banyak kuota data. Apalagi jika kamu gemar untuk menonton video di YouTube, iFlix, Netflix, dan layanan online video lainnya.

Bagusnya aplikasi Google Chrome untuk PC Windows memiliki ekstensi “Data Saver.” Dowload data center dari Chrome Web Store.

Ketika mengunjungi halaman website, alamat dari halaman web tersebut akan dikirim ke server Google. Kemudian Google yang akan menyajikan halaman web, yang sudah di-compress dengan ukuran file yang lebih kecil.

5. Lihat Aplikasi Apa Saja Yang Menggunakan Data

Untuk mengecek penggunaan data dari masing-masing aplikasi bisa menggunakan aplikasi Task Manager, tekan CTRL + SHIFT + ESC. Pada tab Processes klik Network, untuk menyortirnya dari yang paling besar.

Kamu juga bisa melihat berapa banyak data yang digunakan oleh setiap aplikasi di PC selama 30 hari terakhir. Caranya:

  • Masukan ke Settings
  • Pilih Network & Internet, lalu pilih Data usage, lalu klik pada grafisnya untuk melihat informasi detil.

Dengan ini kamu bisa melihat aplikasi mana saja yang menghabiskan banyak data, jadi kamu bisa mengurangi penggunaan data di aplikasi tersebut.

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.