Cara Mempercepat Koneksi Internet Dengan Command Prompt

Cara Mempercepat Koneksi Internet Dengan Command Prompt

Kita sering kali menghadapi masalah koneksi internet yang melambat dan kita tidak tahu harus melakukan apa. Pada kebanyakan kasus, kita sering me-restart perangkat atau router untuk membuatnya normal.

Jika cara tersebut tidak bekerja, kita dapat melakukan komplain kepada penyedia layanan internet atau ISP yang kita pakai. Atau kita bisa melakukan beberapa triks untuk mempercepat koneksi internet. Salah satu metode untuk mempercepat koneksi internet bisa menggunakan aplikasi Command Prompt di komputer Windows.

Cara Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan Command Prompt

IP Release dan Renew

Jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, maka bisa menggunakan ipconfig /release dan ipconfig /renew. Buka Command Prompt, lalu ketika ipconfig /release, kemudian ipconfig /renew. Kamu mungkin akan merasakan koneksi internet yang lebih cepat, tergantung dari kuatnya sinyal Wi-Fi.

Flushdns Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Komputer biasanya menyimpan daftar dari website (dengan alamat IP-nya) yang kita akses pada DNS resolver cache. Terkadang, data-data ini menjadi obsolete setelah beberapa bulan atau minggu. Jadi ketika kita mem-flush DNS resolver cache, kita sebenarnya menghapus data obsolete dan membuat entry baru pada DNS resolver cache table.

Untuk mempercepatkan koneksi internet, kita bisa mengetik command “ipconfig /flushdns” pada Command Prompt, untuk mem-flushe DNS resolver cache.

Setelah mem-flush DNS, kamu mungkin akan merasakan koneksi yang lambat karena memang membutuhkan untuk membuat DNS baru. Namun, tenang saja setelahnya kamu akan merasakan koneksi internet yang lebih cepat.

Mempercepat Koneksi Internet Menggunakan Command “Netsh int tcp”

Ketik command “netsh int tcp show global,” perhatikan hasilnya baik-baik. Cari Receive Window Auto-tuning Level, lihat apakah set-nya adalah normal. Jika tidak maka kita harus membuatnya normal.

Ketik command “netsh int tcp set global autotuninglevel=normal.”

Command ini akan men-set TCP receive window ke normal, dari disabled atau restricted state. TCP receive window merupakan salah satu faktor kunci pada kecepatan internet download, dengan mengubahnya ke normal, dapat mempercepat koneksi internet.

Setelah command tersebut, kini cek parameter lainnya yang mempengaruhi kecepatan internet pada komputer Windows, yang dipanggil dengan ‘Windows scaling heuristics’. Cara mengeceknya, ketik command “netsh interface tcp show heuristics.”

Kita harus men-disabled-nya, karena jika di enable maka akan membatasi koneksi internet. Kamu bisa men-disable-nya dengan menggunakan command, “netsh interface tcp set heuristics disabled.”

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kini kamu bisa kembali mencoba mengetes koneksi internet kamu.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.