Apa Itu SmartScreen di Windows 10

Apa Itu SmartScreen di Windows 10?

Windows 10 membawa fitur yang bernama SmartScreen, fitur yang dapat membantu untuk melindungi perangkat komputer pengguna dari mendownload malware. Jika kamu membuka Task Manager, prosesnya bernama smartscreen.exe.

Apa Itu SmartScreen?

SmartScreen sebenarnya telah ditambahkan pada Windows 8, dan pada Windows 10 kemampuannya telah ditingkatkan. Ketika kamu men-download aplikasi atau file, filter smartscreen akan mengecek dari database Microsoft. Jika file telah terlihat sebelumnya dan diketahui aman, misalnya sebagai contoh, jika kamu men-download aplikasi seperti Chrome atau iTunes, SmartScreen akan membiarkannya untuk berjalan. Namun jika file sudah pernah terlihat sebelumnya dan dikenal sebagai malware yang berbahaya, fitur ini akan memblokirnya. Jiak belum pernah terlihat dan Windows tidak yakin apakah file tersebut aman atau tidak, Windows akan mencegah aplikasi untuk berjalan dan memperingati pengguna bahwa file tersebut mungkin berbahaya, tetapi pengguna juga dapat mengabaikan peringatan ini dan membiarkan file tetap dapat dijalankan.

Layanan ini juga digunakan pada Microsoft Edge dan Windows Store untuk memblokor konten web yang mencurigakan. Layanan ini tetap dapat membantu melindungi komputer, apapun aplikasi browser yang kamu gunakan seperti Chrome, Firefox, Opera dan lainnya dari mendownload file yang berbahaya.

SmartScreen merupakan lapisan keamanan lainnya sebagai tambahan untuk Windows Defender. Dengan memiliki sistem keamanan dengan berbagai lapisan dapat membantu perangkat komputer yang kamu gunakan tetap aman. Ditambah dengan program anti virus pihak ketiga.

Kenapa Selalu Berjalan di Background?

Kebanyakan waktu, proses SmartScreen selalu berjalan di background, karean memang Microsoft ingin fitur ini selalu standby. Ketika pengguna men-download aplikasi atau file, fitur ini langsung beraksi, untuk memutuskan apakah aplikasi ini aman atau tidak. Proses ini berjalan hanya ketika, pengguna pertama kali menjalankan program atau file yang baru saja di-download.

SmartScreen merupakan fitur keamanan penting yang dapat membantu melindungi PC dari malware. Meski pengguna tidak memasang software anti virus, fitur ini dapat melindungi komputer dari sesuatu yang mungkin terlewat dari program keamanan utama.

Mengaktifkan atau Menonaktifkan SmartScreen

Secara default seharusnya SmartScreen sudah aktif ketika menginstal Windows 10. Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini bisa melalui Windows Defender Security Center.

Caranya, buka Search (Cortana) lalu keti saja SmartScreen, dan klik App & browser control, maka akan terbuka setting untuk SmartScreen. Tinggal pilih mau mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini di sistem, Microsoft Edge dan Windows Store.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.