Cara Menggunakan Check Disk di Komputer Windows

Cara Menggunakan Check Disk di Komputer Windows

Kapan saja ketika kamu mengalami error pada hard drive atau hard disk, atau terjadi sesuatu yang aneh dengan hard disk kamu. Tool Check Disk dapat menjadi penyelamat. Berikut ini adalah cara menggunakan Check Disk pada komputer Windows.

Apa Itu Chkdsk atau Check Disk

Tool Check Disk dikenal juga sebagai chkdsk, tool yang dapat men-scan semua hard disk kamu untuk menemukan dan memperbaiki masalah. Menjalankannya terkadang memerlukan waktu yang lama, tetapi dapat membantu mencegah masalah yang lebih besar dan kehilangan data. Check Disk menjalankan dua fungsi:

  • Fungsi dasar chkdsk adalah untuk men-scan integritas dari file system dan file system metadata pda disk volume dan memperbaiki error logical file system yang ditemukannya. Seperti error yang mungkin akan membuat corrupt volume master file table (MFT), bad security descriptor associated dengan file, atau bahkan time stamp yang misaligned atau file size information.
  • Chkdsk juga dapat secara opsional men-scan semua sektor pada disk volume untuk mencari bad sectors. Bad sectors dapat terjadi dalam dua bentuk: SOft bad sector, yang dapat terjadi ketika data ditulis tidak bagus, dan hard bad sector, yang terjadi karena kerusakan fisik pada hard disk. Chkdsk mencoba untuk memperbaiki masalah ini dengan memperbaiki soft bad sector, dan menandai hard bad sector sehingga tidak digunakan lagi.

Semua itu terdengar teknis, tetapi tenang saja kamu tidak harus mengertinya secara mendetil. Yang perlu kamu tahu adalah cara menjalankannya.

Saya menyarankan untuk melakukan Check Disk setidaknya setiap tiga bulan sekali sebagai bagian dari perawatan rutin.

Cara Menggunakan Check Disk di Komputer Windows

Cara yang mudah untuk menjalankan tool chkdsk adalah dari Windows Desktop. Nyalakan komputer, setelah masuk ke Windows, buka File Explorer, lalu klik kanan pada drive yang kamu ingin cek, dan lalu pilih “Properties.”

Setelah terbuka jendela Propeties, pindah ke tab “Tools,” lalu klik tombol “Check.”

Pada Windows 8 dan Windows 10, Windows mungkin akan menginformasikan tidak menemukan error pada drive. Kamu tetap dapat melakukan scan manual dengan mengklik “Scan Drive.” Jika tidak ada masalah hanya akan muncuk tombol close. Dan jika hasil scan menunjukan ada error bisa menggunakan Command Prompt.

Cara Menggunakan Check Disk dengan Command Prompt

Buka Command Prompt, caranya klik Windows Start, pada kolom search cari Command Prompt, klik kanan pada Command Promt dan pilih “Run as Administrator.”

Setelah Command Prompt terbuka, kamu bisa mengetik perintah chkdsk, namun itu hanya akan men-scan saja. Jika kamu ingin mencoba untuk memperbaiki logical file system, bisa menambahkan /f, dan tambahkan drive dibelakangnya menjadi:

chkdsk /f c:

Dan jika kamu ingin mencek disk sekalian untuk men-scan bad sector, kamu bisa menambahkan /r. Dengan menambahkan /r ini, fungsi /f juga akan digunakan, berarti chkdsk akan men-scan logical error dan bad sectors.

chkdsk /r c:

Dengan menjalankan chkdsk /r menjalankan scan yang paling mendalam, dan membutuhkan waktu yang lebih lama. Saya sarankan untuk menjalankan ini secara berkala.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.