Sembunyikan Alamat IP Kamu Ketika Browsing

Sembunyikan Alamat IP Kamu Ketika Browsing

Apa Itu Alamat IP?

Internet merupakan tempat yang sangat luas. Saking luasnya tempat ini dipenuhi banyak website dan komputer yang mengakses dan meng-host website. Untuk mengetahui semua komputer yang ada di internet, setiap perangkat yang terhubung akan mendapatkan alamat IP. Alamat ini sama seperti alamat rumah dengan nama jalan dan blok serta nomor rumah.

Ada dua tipe alamat IP, IPv4 dan IPv6. IPv4 pertama kali diperkenalkan pada tahun 90an, tetapi masih digunakan hingga saat ini. Namun format 32-bit, hanya memungkinkan hingga 4,3 milyar alamat yang mungkin. Dengan semakin berkembangnya perangkat Internet of Things, semakin membutuhkan alamat IP, dan IPv4 akan segera habis.

Untuk itu diperkenalkan IPv6 yang menggunakan alamat 128-bit, yang membuatnya mampu menghadirkan kemungkinan alamat yang unik hingga 340.282.366.920.938.000.000.000.000.000.000.000.000.

Alamat IPv4 seperti 168.90.0.255, sementara IPv6 seperti 2001:0db8:0000:0042:0000:8a2e:0370:7334.

Kenapa Harus Sembunyikan Alamat IP?

Alamat IP kamu dapat digunakan untuk menampilkan iklan yang mengganggu, dan bahkan dapat digunakan untuk tujuan yang berbahaya. Seperti seseorang dapat melacak lokasi keberadaan kamu dan mengetahui alamat rumah dengan menggunakan IP.

Sembunyikan Alamat IP dapat menjadi taktik bertahan, dan juga dapat digunakan sebagai taktik menyerang.

Tidak hanya dapat menyembunyikan lokasi keberadaan kamu untuk menghindari tujuan jahat, sembunyikan IP juga dapat digunakan untuk mengakses konten yang dibatasi lokasi. Misalnya saja kamu ingin mengakses website yang diblokir oleh sekolah, kampus, kantor atau pemerintah.

Ada berbagai manfaat lainnya yang bisa kamu dapat dengan sembunyikan alamat IP, yang tidak bisa disebutkan disini.

Sembunyikan Alamat IP dengan Proxy

Menggunakan proxy server merupakan cara yang paling mudah untuk sembunyikan alamat IP, terutama jika kamu ingin menyembunyikannya sementara.

Proxy server bertindak seperti topeng ketika kamu berselancar di internet. Kamu dapat mengirim request dan proxy yang akan menanganinya menggunakan alamat IP-nya sendiri.

Ada banyak proxy gratis yang tersedia di internet, namun secara umum banyak yang tidak bisa dipercaya. Jika kamu memutuskan untuk menggunakan proxy gratis, jangan pernah mentransmisi informasi personal seperti bertraksaksi dengan kartu kredit. Dan untuk mengeceknya bisa menggunakan proxy checker.

Sembunyikan Alamat IP dengan VPN

VPN bekerja seperti proxy yang dapat mengubah alamat IP, tetapi juga menawarkan perlindungan untuk transmisi informasi. Ketika informasi meninggalkan komputer, informasi ini akan di-routed ke server VPN yang menggunakan alamat IP, biasanya banyak digunakan oleh cukup orang sehingga susah untuk dilacak. VPN akan mengenkripsi tunnel antara perangkat yang kamu gunakan.

VPN biasanya dapat digunakan dengan biaya yang terbilang mahal, namun ada beberapa VPN bagus yang bisa kamu gunakan gratis seperti Opera VPN. Kamu bisa mendownload aplikasi Opera VPN di Android dan iOS, dan menggunakan browser Opera di komputer desktop yang sudah memiliki VPN terintegrasi.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan //www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.