Cara Install dan Gunakan Docker Toolbox di Windows

Cara Install dan Gunakan Docker Toolbox di Windows

Cara Install dan Gunakan Docker Toolbox di Windows

Ingin mencoba Docker di komputer Windows yang kamu miliki? Kamu beruntung, karena Docker menyediakan tool yang dapat membuat kamu mudah untuk menggunakan software container ini di Windows dengan cara yang simpel.

Tool ini bernama Docker Toolbox, dimana tool ini menyediakan semua komponen yang harus di-install agar Docker dapat berjalan di Windows, seperti VirtualBox, Boot2Docker dan access terminal. Meski bukan merupakan port, dengan Docker Toolbox memudahkan kita untuk menjalankan Docker pada mesin Windows.

Cara Install Docker di Windows

Untuk memasang Docker Toolbox di mesin Windows caranya cukup simpel. Karena ini adalah di Windows, maka kamu hanya perlu men-download file-nya di website resminya, lalu klik dua kali pada file yang sudah selesai di-download dan mulai installation wizard.

Installation wizard akan membantu kamu meng-install Docker di Windows ikuti saja langkah-langkahnya:

– Pilih lokasi dimana ingin meng-install Docker Toolbox.
– Pilih komponen yang ingin di install.
– Pilih task tambahan (buat shortcut desktop, tambah docker binaries ke PATH, upgrade Boot2Docker VM, install VirtualBox dengan driver NDISS, dan pilih bahasa defaut).
– Review dan mulai instalasi.

Selama proses instalasi, akan muncul pemberitahuan untuk meng-install device software, ijinkan saja agar Oracel VirtualBox memiliki akses ke USB subsystem. Lanjutkan dan pilih Install. Setelah instalasi device software selesai, wizard akan selasai dan kamu siap utuk menggunakannya.

Menggunakan Docker di Windows

Pada tampilan Desktop, sekarang seharusnya kamu melihat tiga icon baru:
– Docker Quickstart Terminal
– Oracle VM VirtualBox
– Kitematic.

Untuk mulai menggunakan Docker Toolbox, klik dua kali pada Dokcer Quickstart Terminal. Menjalankan ini akan secara otomatis mengecek bahwa versi Boot2Docker terbaru yang digunakan, menjalankan komponen yang diperlukan, dan akan terbuka Boot2Docker.

Pada tahap ini, kamu sudah bisa melakukan apapun yang kamu ingin lakukan dengan Docker, seperti yang kamu lakukan di komputer Linux. Tarik images, jalankan container, kembankan container, dan masih banyak lagi, semuanya melalui komputer Windows.

Docker Untuk Siapa Saja

Docker Tool tersedia gratis untuk pengguna Windows dan juga Max. Meski kamu tidak memiliki skill untuk men-setup dan menjalankan server Linux, kamu tetap bisa mencoba Docker dengan mudah di komputer Windows.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.