Bagaimana Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Bagaimana Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Windows 10 membawa fitur virtual desktop. Jika kamu senang membuka banyak aplikasi, atau kamu menggunakan komputer untuk tugas yang berbeda-beda, fitur virtual desktop menawarkan cara yang nyaman untuk kamu tetap terorganisir.

Dengan virtual desktop, kamu bisa membuat beberapa desktop, yang masing-masing desktop dapat menampilkan window dan aplikasi yang berbeda. Fitur ini menawarkan cara mudah untuk memisahkan tugas dengan hal personal. Kamu bisa membuka tugas tertentu pada satu desktop, dan item lain pada desktop lainnya.

Cara Menambahkan Virtual Desktop Baru di Windows 10

Menambahkan virtual desktop baru di Windows 10 sangat mudah. Di taskbar, kini ditambahkan ikon baru Task View yang ada di sebelah kiri bawah desktop, tepat di sebelah menu Start dan Cortana (Search). Jika kamu tidak menemukannya, mungkin kamu pernah menonaktfikannya. Cara mengaktifkannya, klik kanan pada taskbar, lalu centang pada pilihan “Show Task View button.”

Bagaimana Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Klik tombol Task View atau kamu juga bisa menekan tombol Windows + Tab untuk membukan Task View, untuk menambahkan desktop baru klik New Desktop yang ada ikon +.

Task View merupakan app switcher full screen yang menampilkan semua aplikasi yang sedang kamu buka di komputer kamu. Kamu bisa berpindah-pindah antar aplikasi dengan mengklik aplikasi yang diinginkan. Di Task View kamu juga bisa berpindah-pindah antar desktop dengan mengklik desktop yang diinginkan.

Cara Berpindah Antar Desktop

Untuk berpindah antar desktop atau aplikasi yang berjalan di dalamnya, tinggal buka Task View bisa mengklik icon-nya di taskbar atau menekan tombol Windows + Tab di keyboard. Setelah muncul, virtual desktop, kamu hanya perlu menggeser-geser mouse ke desktop 1, desktop 2 atau seterusnya, dan mengklik desktop yang diinginkan. Atau kamu juga bisa langsung mengklik aplikasi yang sedang berjalan pada desktop untuk langsung membuka aplikasi tersebut.

Misalnya kamu sedang membuka Microsoft Office dan Google Chrome di desktop 1, dan Spotify dan Paint di desktop 2. Jika ingin berpindah, buka Task View, lalu geser antara desktop 1 atau desktop 2, dan tinggal klik aplikasi yang diinginkan, Office, Chrome, Spotify atau Paint.

Kamu juga bisa membuka aplikasi yang sama pada desktop yang berbeda, misalnya kamu ingin membuka Microsoft Edge di desktop 1 dan di desktop 2. Tetapi tidak semua aplikasi mengijinkannya, karena ada beberapa aplikasi yang hanya mengijinkan untuk membuka satu kali. Seperti yang rasakan, saya sudah membuka Opera di desktop 1, dan ingin membuka Opera di desktop 2, bukannya membuka baru, malah akan membuka tab baru Opera di desktop 1.

Menghapus Virtual Desktop

Bagaimana Cara Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Setelah menggunakan virtual desktop, mungkin kamu ingin menghapusnya. Caranya mudah, tinggal bukan Task View kembali, lalu geser mouse ke arah desktop yang ingin ditutup, dan klik icon X di atasnya, seperti kamu menutup aplikasi biasa.

Jika ada aplikasi yang terbuka pada desktop yang kamu tutup, maka aplikasi yang terbuka ini akan langsung berpindah ke desktop sebelumnya. Jika yang kamu tutup adalah desktop 3,maka akan pindah ke desktop 2, jika yang ditutup desktop 2 maka akan pindah ke desktop 1.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.