Ada Teknik Serangan Phising Baru Incar Pengguna Windows 10

Ada Teknik Serangan Phishing Baru Incar Pengguna Windows 10

Microsoft Malware Protection Center berhasil menemukan teknik serangan phishing baru yang mengincar pengguna Windows 10 agar bisa diarahkan ke website support palsu. Berikut ini bagaimana kamu bisa terkena serangan phising baru ini.

Ada kabar yang kurang menyenangkan bagi kamu pengguna Windows 10, karena scammer memiliki taktik baru untuk mencuri data kamu. Microsoft Malware Protection Center mengumumkan bahwa mereka telah mempelajari metode baru yang menargetkan pengguna Windows 10, dengan serangan phishing yang dapat membawanya ke website tech support palsu.

Menurut Microsoft, setidaknya ada tiga juta pengguna dari berbagai platform dan software yang menjumpai scam tech supoort ini setiap bulannya. Tetapi teknik baru ini, yang menggunakan beberapa layer yang berbeda yang dipadukan, dan meng-embed link ke dalam email palsu, dan menampilkan beberapa langkah untuk memperbaikinya yang mengarahkan pada website palsu. Ada juga iklan berbahaya yang dapat langsung me-redirect korban ke website palsu. Untuk menguna Windows 10, yang sering digunakan adalah menampilikan pesan palsu Blue Screen of Death (BSoD) atau pun pemberitahuan keamanan.

Sebelumnya spammer mengirimkan email phishing dengan berpura-pura sebagai website resmi dari LinkedIn, Amazon, eBay, terkadang juga berpura-pura sebagai bank dan menawarkan pekerjaan. Tetapi sekarang serang phishin juga memanfaatkan website tech suport palsu untuk pengguna Windows.

Website palsu berbahaya ini dikatakan menggunakan beberapa teknik menakut-nakuti untuk mengelabui pengguna seperti panggilan hotlline dan memaksa pengguna untuk membayar layanan tech support yang tidak perlu untuk memperbaiki masalah perangkat, platform atau software.

Ketika pengguna mengklik link dan masuk ke website palsu ini, mereka akan ditampilkankan dengan pop-up pemberitahuan bahwa adalah masalah dan pengguna harus segera menghubungi tech support call center.

Untuk menghindari serangan phishing dengan metode baru ini, Windows 10, Outlook.com, Edge, dan Exchange Online Protection sudah termasuk beberapa fitur keamanan yang dapat memblokir website tech support palsu dan email palsu. Pengguna Edge juga dapat memblokir beberapa halaman yang menampilkan iklan pop-up yang mencurigakan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.