Cara Cepat Mencari File di Windows 10

Cara Cepat Mencari File di Windows 10

Di sistem operasi Windows sebelumnya sangat mudah mencari file yang ada di komputer dari fitur Search. Pada sistem operasi Windows 10 memang hadir dengan fitur Search yang lebih canggih menggunakan teknologi Cortana, namun fitur ini lebih menekankan pada pencarian online melalui Bing. Untuk mencari file yang ada di komputer kita terasa sulit, dan mungkin kamu ingin menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Fungsi Search pada menu Start di Windows 10 ditangani oleh Cortana, dan melakukan pencarian menggunakan search engine Bing dan sumber daya online lainnya.

Pada versi awal Windows 10, kita bisa mengklik tombol “My Stuff” untuk mencari file yang hanya ada di lokal PC kita, namun sayangnya fitur ini dihilang pada Anniversary Update. Untuk dapat mencari file offline di PC kita, kita harus menonaktifkan Cortana melalui Registry. Mungkin caranya rumit.

Namun kita masih bisa menggunakan fungsi Search untuk menemukan file yang disimpan pada lokasi yang sudah di index, secara default hanya beberapa lokasi saja yang di index, dan kita tidak bisa menemukan file yang disimpan di drive D misalnya. Agar file yang ada di Drive D atau lokasi lainnya bisa kita cari, kita harus memasukannya secara manual ke dalam folder yang diindeks.

Secara default, fitur Search hanya melakukan pencarian pada File, Bing, OneDrive, Windows Store dan lokasi online lainnya. Pada bagian atas ada menut Filters untuk memilih folder “Documents,” “Folders,'” “Photos,” dan “Video,” tidak ada folder lain.

Cara Cepat Mencari File di Windows 10

Untuk itu kita harus menambahkannya secara manual folder yang kita inginkan seperti Drive D. Pada menu Search, kli Filters di atas, lalu scroll kebawah sampai menemukan tombol Select Location dan klik tombol tersebut.

Cara Cepat Mencari File di Windows 10

Akan muncul jendela baru, selanjutnya, klik tombol Modify di bawah. Masukan folder atau Drive yang ingin ditambahkan agar segera di index supaya muncul ketika dicari melalui fitur Search. Proses indeks membutuhkan waktu yang lama, tergantung pada banyaknya file.

Cara Cepat Mencari File di Windows 10

Setelah proses indeks selesai, kita bisa mencari file yang ada di dalam folder atau Driver tersebut yang tadi kamu tambahkan.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.