Panduan Web Hosting Untuk Pemula

Panduan Web Hosting Untuk Pemula

Bagi yang tidak berkecimpung di dunia website mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu web hosting. Di era serba internet ini semakin banyak website baru bermunculan, dan web hosting merupakan layanan yang sangat dibutuhkan untuk membangun website. Dan sekarang pertanyaan yang muncul adalah:

Apa Itu Web Hosting?

Ketika kita membangun website, tentunya kita ingin website kita dengan segala kontennya seperti artikel, foto, video dan konten lainnya, bisa dilihat oleh orang di internet. Untuk menyimpan file-file website ini kita membutuhkan komputer yang sering disebut web server. Dan web hosting ini merupakan layanan jasa penyewaan web server yang memungkinkan kita untuk menyimpan file dan konten website kita, sehingga website kita bisa berjalan dan dilihat oleh banyak orang di internet.

Siapa Itu Web Host?

Siapa saja perorangan atau perusahaan yang memiliki server sendiri atau menyewa web space di web hosting besar dapat dipanggil web host. Web host yang menyewa web space dari perusahaan web hosting besar dan kemudian menyewakannya lagi dengan mereknya sendiri, disebut dengan reseller hosting. Perusahaan hosting besar seperti Amazon Web Service, Google Cloud, Microsoft Azure memiliki datacenter mereka senidir yang dapat menyimpan jutaan website maupun aplikasi web.

Layanan Apa Saja Yang Disediakan Oleh Penyedia Web Hosting?

Yang paling dasar yang disediakan oleh web hosting tentunya adalah space untuk menyimpan file website. Selain itu ada banyak layanan dan produk lain yang disediakan seperti misalnya pendaftaran nama domain, email hosting, sertifikasi SSL, dan masih banuak lagi. Bahkan ada perusahaan yang menawarkan jasa tambahan untuk desain web maupun membuat web.

Apa Saja Tipe Web Server Hosting?

Biasanya penyedia web hosting menyediakan beberapa tipe pilihan web server hosting yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan budget kita.

Shared Server Hosting

Hosting ini yang paling murah, karena hosting ini adalah shared atau berbagi. Dimana satu komputer web server, space-nya dibagi dan disewakan ke beberapa pengguna. Tipe hosting ini cocok untuk website yang baru yang belum terlalu banyak pengunjung dan harga sewanya juga murah. Namun karena kita berbagi satu sumber daya, biasanya jika adalah masalah pada satu website, website kita juga bisa terkena imbasnya, seperti terinfeksi malware.

Dedicated Server Hosting

Kalau tipe hosting ini, kita menyewa satu web server untuk kita sendiri. Kita bebas melakukan apa saja pada server kita sendiri, namun tentunya harga yang harus dibayar jauh lebih mahal dari Shared Hosting. Server ini dibutuhkan oleh website besar yang sudah memiliki banyak traffic, atau juga website bisnis seperti website e-Commerce.

Cloud Server Hosting

Cloud Server merupakan teknologi baru yang inovatif, harganya lebih murah dari Dedicated Server namun memiliki fungsi yang lebih baik. Banyak website besar yang sudah beralih menggunakan Cloud Server.

Cloud Server memiliki fitur yang lebih aman, stabil, dan murah. Beberapa server dapat bertindak sebagai satu sistem dan memiliki banyak keunggulan seperti ketika satu server mengalami gangguan, maka akan mengambil sumber daya dari website lain, sehingga website kita akan tetap berjalan tanpa ada gangguan. Selain itu sistem keamanannya lebih terjamin, dan menariknya kita hanya membayar apa yang kita gunakan saja. Dan masih banyak keunggulan lain dari Cloud Server.

Tipe Sistem Operasi Yang Digunakan?

Seperti yang kita tahu di dunia ini sistem operasi yang paling popular adalah Windows dan Linux. Begitu juga dalam dunia hosting, sistem operasi yang popular adalah Windows dan Linux.

Didunia hosting dikenal dengan Windows Hosting dan Linux Hosting. Kamu bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan dari website kamu. Misalnya saja kamu membangun website menggunakan CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal atau yang berbasis PHP lainnya bisa memilih Linux Hosting, Windows Hosting juga mendukung PHP. Atau jika kamu menggunakan ASP, .NET atau produk dari Microsoft maka kamu harus memilih Windows Hosting, Linux Hosting tidak mendukungnya.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.