Cara Membuat Keyboard Shortcut Program di Windows 10

Cara Membuat Keyboard Shortcut Program di Windows 10

Keyboard shortcut di Microsoft Windows 10, faktanya, di semua sistem operasi, akan membuat hidup kita semakin mudah. Dengan kombinasi tuts atau tombol di keyboard tertentu dapat membuka aplikasi dan software yang sudah ditentukan. Hal ini tentunya dapat meningkatkan produktivitas ketika kamu bekerja.

Nah di Windows 10 ini Microsoft menghadirkan fungsi, dimana pengguna dapat mengatur keyboard shortcut tertentu untuk membuka aplikasi dan software tertentu. Daripada repot mencari aplikasi di menu Start, tinggal menekan kombinasi tombol tertentu kita bisa membuka aplikasi yang diinginkan.

Cara Membuat Keyboard Shortcut Program Tertentu di Windows 10

Sangat mudah untuk menentukan keyboard shortcut untuk membukan aplikasi Windows atau program tertentu di Windows 10. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk membuat keyboard shortcut untuk aplikasi tertentu:

  1. Klik kanan pada file shortcut program yang diinginkan (biasanya ada di Desktop, jika tidak ada cari program yang diinginkan pada Folder “C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs”).
  2. Lalu klik Properties, yang paling bawah.
  3. Di tab Shortcuts, klik pada Shortcuts Key.
  4. Ketik huruf apa saja di keyboard, bisa juga angka, dan simbol sesuai yang kamu inginkan. Misalkan untuk membuat keyboard shortcuts program Chrome, bisa masukan huruf C.
  5. Kemudian Windows akan membuat keyboard shortcuts untuk program tersebut. Jika memasukan huruf C, maka shortcut-nya menjadi CTRL+ALT+C, itu tombol yang harus kamu tekan.
  6. Klik Apply dan klik OK untuk menyimpan perubahan.

Dan sekarang kamu bisa membuka program Google Chrome dengan menekan tombol CTRL+ALT+C di keyboard.

Cara Membuat Keyboard Shortcuts Untuk Aplikasi Windows Store

Selain dapat membuat shortcuts untuk program biasa, kita juga bisa membuat shortcuts untuk aplikasi yang kita download di Windows Store. Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Buka Start Menu di Windows.
  2. Navigasi ke aplikasi yang diinginkan.
  3. Lalu klik dan drag aplikasi tersebut ke Desktop.
  4. Windows baru akan membuat file shortcut.
  5. Selanjutnya ikuti saja langkah yang sama seperti diatas.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.