Cara Terbaik Melindungi Komputer Windows

Cara Terbaik Melindungi Komputer Windows

Dengan dirilisnya Windows 10, Microsoft membawa sistem operasi yang lebih sempurna untuk PC, dimana sistem operasi ini membawa banyak fitur baru dan lebih aman dibandingkan dengan versi Windows sebebelumnya.

Namun di era digital ini, jumlah serangan siber semakin meningkat dan mengandalkan fitur keamanan bawaan komputer Windows belumlah cukup. Kamu perlu untuk melindungi komputer Windows yang kamu gunakan biar lebih aman terhadap serangan virus, malware, program berbahaya lainnya dan juga hacker.

Pada artikel kali ini, saya akan menunjukan cara terbaik untuk melindungi komputer Windows yang kamu gunakan. Cara yang saya sebutkan disini semuanya mudah untuk diikuti.

1. Install Windows Update

Untuk melindungi komputer Windows kamu supaya tetap aman adalah dengan mengupdate secara berkala. Atau aktifkan saja fitur auto updates. Cara ini akan membuat komputer Windows kamu tetap aman, karena update biasa memperbaiki bugs yang ada dan menutup celah keamanan.

Selain mengupdate sistem operasi Windows, kamu juga harus rajin meng-update semua software yang kamu gunakan di komputer Windows.

2. Aktifkan Windows Firewall

Windows Firewall merupakan program keamanan standar bawaan dari sistem operasi Windows. Dengan mengaktifkan Windows Firewall akan mencegah koneksi yang tidak diijinkan dari mengakses komputer kamu, dan juga dapat memblokir koneksi yang tidak diinginkan ke internet.

3. Pasang Program Antivirus

Windows juga membawa program antivirus bawaan yang bernama Windows Defender. Namun kamu seharusnya memasang program antivirus pihak ketiga, untuk melindungi komputer dari virus, malware, aplikasi berbahaya lainnya dan serangan hacker.

Jika bisa menggunakan program antivirus berbayar yang memiliki fitur lebih baik, namun antivirus gratis juga sudah baik.

4. Gunakan VPN Ketika Menggunakan Wi-Fi Publik

Ketika kamu menggunakan Wi-Fi publik (seperti di bandara, hotel dan sebagai) untuk terhubung ke internet, biasanya koneksinya yang tidak terlindungi. Untuk itu ketika menggunakan Wi-Fi publik kamu bisa menggunakan aplikasi VPN, yang biasanya adalah berbayar.

Sebagai alternatif kamu bisa menggunakan program web browser Opera karena sudah ada fitur VPN terintegrasi. Atau jika kamu menggunakan Google Chrome, kamu bisa menggunakan ekstensi yang bernama ZenMate.

Selain mengamankan koneksi internet, dengan VPN kamu bisa mengakses website-website yang diblokir.

5. Aktifkan BitLocker Encryption

Menggunakan password yang kuat dapat membantu kamu untuk melindungi komputer Windows dari pengguna biasa yang ingin mencoba mengaksesnya.

Saya sarankan untuk mengaktifkan BitLocker Encryption, jika di komputer kamu terdapat banyak data-data penting. Aplikasi ini dapat mengenkrips dan melindungi data kamu, terutama ketika laptop kamu dicuri. Semua data telah dienkripsi dan siapa saja tidak bisa melihatnya tanpa kode yang benar.

6. Jangan Pernah Mendownload Emai Attachment Dari Pengirim Yang Tidak Dikenal

Jika kamu menerima email dengan attachment dari orang yang mencurigakan yang tidak kamu kenal. Jangan pernah untuk mendownloadnya apalagi hingga membukanya. Kita tidak akan tahu bahwa didalam file attachment ini disisipkan kode yang jahat.

 

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.