Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Windows

Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Windows

File duplikat atau file ganda dapat membuat kapasitas hard disk kamu yang berharga akan semakin berkurang. Apalagi jika kamu menggunakan SSD yang kapasitasnya lebih terbatas. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kapasitas hard disk adalah dengan mencari dan menghapus file duplikat.

Software duplicate file finder dapat mencari file duplikasi yang tidak diperlukan pada hard disk komputer kamu dan membantu untuk menghapus file duplikat, sehingga kamu bisa membebaskan space hard disk.

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai beberapa software yang bisa kamu gunakan untuk menemukan dan menghapus file duplikat di Windows. Tetapi catatan untuk kamu, jangan pernah untuk mencari file duplikat di folder System seperti Windows dan Program Files. Karena Windows dan program menggunakan beberapa file yang sama yang tersimpan di lokasi yang berbeda agar dapat berfungsi dengan sebagai mana mestinya.

Menemukan dan Menghapus File Duplikat dengan Mudah

Auslogics Duplicate File Finder

Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Windows

Mungkin kebanyakan tool file finder memiliki tampilan yang kompleks dan pilihan yang lebih sedikit, Auslogics Duplicate File Finder berbeda dengan kebanyakan tool file finder lainnya. Software ini memiliki tampilan yang lebih simpel dan juga memiliki beberapa fitur built-in.

Sebelum dihapus, kamu bisa melihat preview dari file seperti gambar, musik, dan video sehingga kamu tahu apa yang dihapus.

CCleaner

Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Windows

CCleaner merupakan tool yang popular, yang mungkin kamu sudah pasang di komputer kamu. Tool ini dapat menghapus file junk, file sampah yang sudah tidak digunakan lagi, jadi kita dapat mengurangi space pada hard disk. Selain itu tool ini juga memiliki fitur untuk menemukan file duplikat.

Buka CCLeaner lalu klik Tools-> Duplicate Finder Fitur ini dapat mencari file duplikat.

SearchMyFiles

Cara Menemukan dan Menghapus File Duplikat di Windows

SearchMyFiles merupakan tool yang paling canggih dengan banyak filter yang bisa diterapkan. Misalnya saja tool ini dapat mencari file berdasarkan tanggal dibuat, dimodifikasi, atau diakses antara tanggal dan waktu tertentu.

Tool ini memang yang paling canggih, namun juga memiliki tampilan antar muka yang lebih rumit dibandingkan tool file finder sebelumnya.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.