Cara Membuat Recovery Drive di Windows 10

Cara Membuat Recovery Drive di Windows 10

Dengan Recovery Drive kita dapat menyelamatkan komputer Windows 10 kita, dimana dengannya menyediakan tool recovery dan troubleshooting untuk menghidupkan kembali sistem Windows 10. Jika kamu belum pernah membuatnya, kamu seharusnya menyediakan Windows 10 Recovery Drive yang suatu saat kamu butuhkan.

Untuk membuat Recovery Drive di Windows 10, kamu membutuhkan USB flash drive. Pada artikel kali ini saya akan menunjukan cara untuk membuat Windows 10 Recovery Drive.

Yang perlu kamu ingat adalah jika kamu membuat Recovery Drive di sistem Windows 10 64-bit, maka tidak bisa digunakan untuk Windows 10 32-bit, dan begitu juga dengan sebaliknya.

Membuat Recovery Drive di USB Flash Drive

USB flash drive kamu akan menjadi Recovery Drive, kamu tidak bisa menggunakannya untuk hal lainnya, jadi siapkan satu flash disk khusus untuk menjadi penyelamat jika sistem Windows 10 rusak nanti.

Recovery Drive membutuhkan space minimal 330MB, kamu bisa menggunakan USB flash drive 1GB. Namun jika kamu memilih untuk memasukan file sistem, yang dapat digunakan meng-install ulang Windows, kamu membutuhkan flash disk yang lebih besar, setidaknya menyediakan flash disk sebesar 16GB.

Untuk membuat Recovery Drive:

Cara Membuat Recovery Drive di Windows 10

  • Ketik Recovery di menu Search (Cortana), lalu klik Recovery (Control Panel).
  • Setelah muncul jendela baru, klik “Create a recovery drive.” Jika muncul pop up, pilih Yes.
  • Pada jendela baru, kamu bisa memilih untuk memasukan file sistem atau tidak. Selanjutnya klik Next.
  • Pada jendela selanjutnya kamu diminta untuk memilih flash disk yang akan digunakan, jika belum memasukannya, masukan sekarang.
  • Jika memilih membackup sistem, wizard akan memberitahukan bahwa membutuhkan drive setidaknya 16GB dan semua yang ada di dalamnya akan di hapus.
  • Setelah memilih Drive, klik Next.
  • Di jendela selanjutnya, sekali lagi akan diperingatkan bahwa semua konten di dalam flash drive akan dihapus.
  • Untuk melanjutkan, klik tombol Create, dan tool ini akan memformat flash disk dan mulai meng-copy semua file yang dibutuhkan.
  • Jika hanya basic, hanya membutuhkan beberapa menit, jika meng-copy file sistem membutuhkan waktu lebih lama hampir 1 jam.
  • Setelah proses selesan, kamu akan diingatkan untuk menghapus reocvery partition di hard disk kamu jika kamu memilih file sistem.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.