Cara Mengganti DNS Server di Windows

Cara Mengganti DNS Server di Windows

Mengganti DNS Server merupakan hal yang umum dan merupakan cara yang bagus untuk menjaga privasi, keamanan selama browsing di internet dan juga meningkatkan kecepatan internet. Namun hal ini bisa hal yang melelahkan karena kamu harus membuka settings dan mengganti DNS secara manual. Atau kamu bisa menggunakan tool freeware untuk mengganti DNS Server di Windows.

Pada artikel, kami akan menunjukan cara mengganti DNS Server dengan menggunakan tool freeware dari NirSoft. Tool ini merupakan tool freeware yang kita dapat percaya.

Download Tool Dari NirSoft

Jika kamu siap untuk memulainya, download tool yang bernama QuickSetDNS dari situs resmi NirSoft. Scroll terus ke bawah sampai kamu menemukan link downloadnya. File download berupa .zip, setelah selesai download selesai, ekstrak file ini, kamu bisa menyimpan hasil ekstrak dimana saja yang mudah ditemukan.

Menggunakan Tool QuickSetDNS

Setelah diekstrak buka aplikasi QuickSetDNS, tidak perlu untuk menginstallnya. Pada tampilan utamanya tersedia DNS Server yang bisa digunakan, secara default hanya ada DNS Google.

Untuk mengganti DNS server, kamu bisa mengklik kanan pada DNS Server yang diinginkan, lalu pilih “Set Active DNS” yang paling atas. Untuk kembali ke DNS bawaan, tinggal mengklik kanan Automatic DNS dan pilih “Set Active DNS.”

Menambah DNS Server Baru

Kamu juga bisa menambahkan DNS server baru seperti OpenDNS atau Comodo Secure DNS dan lainnya. Buka aplikasi QuickSetDNS, lalu klik kanan pada tampilan kosong, lalu pilih “New DNS Server,” dan masukan alamat IP dari DNS server yang kamu inginkan, kemudian setelah itu pilih “Set Active DNS” untuk menaktifkannya.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.