Cara Install Aplikasi di Drive Lain Pada Windows 10

Cara Install Aplikasi di Drive Lain Pada Windows 10

Sistem operasi Windows 10 memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi dari Store pada Drive mana saja yang kita suka. Kita juga dapat memindahkan aplikasi yang telah di install ke lokasi baru tanpa perlu meng-uninstall dan meng-install mereka kembali.

Kita bisa menyimpan aplikasi baik di internal drive ataupun di eksternal drive. Selain meng-install aplikasi pada Drive D atau partisi lainnya, kamu juga dapat menyimpan aplikasi pada kartu SD ataupun USB flash drive.

Memperluas Kapasitas Storage PC

Cara Install Aplikasi di Drive Lain Pada Windows 10

Jika kamu memiliki tablet atau laptop Windows 10 dengan kapasitas kecil, kartu SD dapat menjadi cara yang ideal untuk memperluas storage. Baik aplikasi dan konten lainnya dapat kamu simpan di kartu SD, sehingga kamu dapat menghemat kapasitas storage tablet atau laptop kamu.

Pertama tentu kamu harus memiliki kartu SD, tergantung apa perangkat tablet dan laptop kamu, kamu mungkin butuh kartu SD atau microSD yang lebih kecil (atau bisa membeli kartu microSD yang memiliki adapter). Untuk kapasitasnya tergantung kebutuhan kamu, cari yang speed read / write-nya lebih cepat.

Cara Memilih Lokasi Install Untuk Aplikasi Baru

Untuk mengganti lokasi install untuk aplikasi baru, masuk ke Settings-> System-> Storage. Lalu klik “Change where new content is saved” di bawah menu Storage.

Di sini kamu bisa menentukan untuk meng-install aplikasi baru yang akan dipasang di drive mana. Selain itu, kamu juga bisa menentukan di drive mana kamu ingin menyimpan file baru lain seperti dokumen, musik, foto dan video, film dan acara TV, serta offline maps.

Yang perlu diingat adalah bahwa metode ini hanya untuk aplikasi yang di download dari Store. Jika kamu meng-install aplikasi desktop biasa kamu bisa memilih untuk meng-install di lokasi lain pada saat proses instalasi. Secara default aplikasi ini di-install di drive C:\Program Files.

Cara Memindahkan Aplikasi Yang Sudah Terinstall ke Drive Lain

Kamu juga bisa memindahkan aplikasi yang sudah terinstall ke drive lain. Tidak ada batasan jumlah drive kamu bisa menyimpan aplikasi, jadi kamu bisa memilih drive yang memiliki kapasitas yang paling lega.

Untuk memindahkan aplikasi, masuk ke Settings-> Apps-> Apps & features. Klik aplikasi yang diinginkan dan klik tombol “Move.” Akan muncul pop-up untuk memilih drive, setelah itu klik tombol Move di bawah untuk memindahkan aplikasi ke drive tersebut.

Jika kamu melihat tombol Modify pada daftar aplikasi, ini berarti itu adalah aplikasi desktop dan kamu tidak dapat memindahkannya. Seperti yang saya sudah bilang, bahwa kamu hanya bisa memindahkan aplikasi yang di download dari store.

Bagaimana Jika Mencabut Drive?

Jika kamu memasang aplikasi atau memindahkannya ke drive eksternal kartu SD, USB flash disk atau eksternal hard dsik, ketika kamu mencabutnya dari komputer, tentu saja kamu tidak bisa mengaksesnya lagi. Mencolokkannya kembali, maka kamu bisa mengakses aplikasi dan game tersebut.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.