Cara Aktifkan Fitur Blue Light Filter di Windows 10

Cara Aktifkan Fitur Blue Light Filter di Windows 10

Blue Light atau cahaya biru banyak dihasilkan oleh layar pada televisi, monitor, hingga smartphone dan tablet. Banyak penelitian yang menjelaskan bahaya dari Blue Light ini, seperti mata lelah, sulit tidur di malam hari, hingga masalah yang lebih serius macular degeneration, yang dapat menyebabkan kehilangan pandangan permanen.

Sangat disarankan untuk tidak terlalu lama menatap layar yang menghasilkan Blue Light. Jika tuntutan pekerjaan mengharuskan kamu berlama-lama didepan monitor, sebaiknya setiap 10 menit sekali istirahat sebentar berhenti menatap monitor. Atau jika kamu menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows 10, kamu bisa mengaktifkan fitur Blue Light Filter.

Namun untuk mengaktifkan fitur Blue Light Filter ini kamu harus menggunakan Windows 10 Insider Build 15002 atau yang lebih baru. Dan untuk mendownload update Windows 10 ini, kamu harus daftar dalam program yang bernama Windows Insider Program. Versi update ini membawa banyak fitur baru termasuk Blue Light Filter, Dynamic Lock, peningkatan Microsoft Edge, peningkatan Start dan Shell, dan banyak lagi.

Cara Mengaktifikan Blue Light Filter di Windows 10

Untuk mengaktifkan fitur Blue Light Filter di Windows 10 caranya sangat mudah. Untuk mengaktifkannya ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Buka aplikasi Settings di PC Windows 10. Sekarang, cari pilihan Display dan klik.
  • Dibawah ‘Change brightness’ terdapat pilihan untuk mengaktifkan ‘Lower blue light automatically’, pilih On.
  • Setelah mengaktifkannya, kamu juga bisa mengatur settingannya dengan mengklik ‘Blue light settings’ dibawahnya.
  • Akan muncul jendela baru, disini kamu bisa mengatur settingan temperatur tampilan layar, dan mengaktifkan fitur ini secara otomatis pada malam hari atau sesuai dengan yang kamu jadwalkan.
  • Atau kamu juga mengaktifkannya secara manual.

Cara Aktifkan Fitur Blue Light Filter di Windows 10

Semoga tips ini dapat membantu kamu mengurangi kelelahan mata dan mengurangi efek berbahaya dari Blue Light. Jika kamu tidak menggunakan Windows 10 Insider Build 15002, atau menggunakan Windows 8 dan Windows 7, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bernama f.Lux.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.