Bagaimana Cara Melindungi Komputer Dari Malware dan Hacker

Bagaimana Cara Melindungi Komputer Dari Malware dan Hacker

Banyak orang berpikir kalau masalah keamanan komputer merupakan hal yang teknis dan sulit dilakukan. Padahal sebenarnya untuk melindungi komputer bukanlah hal yang sulit. Kali ini saya akan membahas mengenai beberapa hal dasar yang sangat penting cara melindungi komputer yang kamu gunakan, terutama untuk kamu yang sering online.

Aktifkan Update Otomatis

Semua software yang kita gunakan sehari-hari kemungkinan memiliki masalah keamanan, dan sang pembuatnya tahu akan hal itu. Makanya mereka selalu menambahkan fitur update otomatis untuk memperbaharui software-nya dengan fitur baru atau patch keamanan baru. Software yang harus selalu kamu update adalah software yang kamu gunakan untuk online seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lainnya.

Selain itu jika kamu juga harus rajin mengupdate sistem operasi Windows yang kamu gunakan, aktifkan saja fitur update otomatis supaya kamu tidak repot untuk selalu mengecek update terbaru. Dan yang paling penting adalah mengupdate software Windows Defender atau software anti virus pilihan kamu.

Pasang Software Antivirus

Memasang software antivirus menjadi wajib untuk melindungi komputer yang kamu gunakan. Software antivirus, dapat melindungi komputer dari virus komputer dan jenis malware lainnya, dan bahkan dapat melindungi kamu ketika kamu sedang online. Banyak software antivirus gratis yang bagus, dan juga antivirus berbayar tidak terlalu mahal sepadan dengan fungsi keamanan yang ditawarkan.

Dan pastikan kamu untuk selalu meng-update program antivirus dan juga databasenya, untuk menjamin komputer kamu terlindungi dari malware bahkan ransomware terbaru.

Buat Password Yang Lebih Baik

Kamu pasti tahu bahwa pasword sangat penting, untuk melindungi komputer dan juga melindungi akun yang kamu miliki. Karena alasan keamanan maka kamu harusnya tidak membuat password asal-asalan. Kamu harus membuat password yang sulit, yang sulit ditebak oleh orang lain.

Jika kamu kebingungan untuk membuat password yang sulit, kamu bisa menggunakan aplikasi password manager seperti yang saya rekomendasikan adalah LastPass. Selain dapat membantu kamu membuat password, aplikasi ini juga dapat menyimpan password kamu dalam satu tempat, dan secara otomatis memasukannya ketika kamu ingin login ke akun kamu. LastPass bisa digunakan dikomputer dan juga di smartphone, jadi kamu tidak perlu khawatir lupa akan password akun kamu. Dan kamu bisa menambahkan password yang kuat untuk akun LastPass kamu.

Jangan Buka Link Sembarang

Pastinya kamu sering mendengar, jangan pernah membuka email dari orang yang tidak kamu kenal, dan jangan pernah untuk mengklik link yang dikirim bersama dengan email tersebut. Tetapi sebenarnya tidak itu saja, terkadang email ini bisa datang dari teman kamu, karena akun emailnya sudah terinfeksi. Mungkin kamu tidak akan curiga, tetapi sebaiknya kamu berhati-hati. Kamu bisa menanyakan langsung ke teman kamu, apakah memang mengirim email.

Tidak hanya email, saya juga pernah mendapatkan pesan dari Facebook dan WhatsApp yang isinya ada link ke website tertentu. Jika kamu juga mendapati hal yang sama, sebaiknya jangan mengkliknya.

Hati-Hati Dengan Program Yang Kamu Download dan Stop Menggunakan Software Bajakan

Banyak kejadian pengguna Windows terinfeksi malware karena men-download dan meng-install software bajakan atau software yang di download dari sumber yang tidak jelas. Jadi kamu harus berhati-hati dalam men-download software di internet, download software dari situs resminya. Dan sebaiknya kamu harus mulai berhenti untuk menggunakan software bajakan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.