Cara Connect ke SSH Server dari Windows

Cara Connect ke SSH Server dari Windows

SSH client memungkinkan kamu untuk connect ke remote computer yang berjalan dengan SSH server. Protokol Secure Shell (SSH) sering digunakan untuk koneksi remote terminal, memungkinkan kamu untuk mengakses terminal dalam mode teks pada remote computer. Selain itu juga dapat digunakan untuk SSH tunneling, SCP file transfer dan hal lainnya.

Connect ke SSH Server dari Komputer Windows

Windows hingga saat ini belum menawarkan command SSH built-in. Pada tahun 2015 sempat heboh bahwa Microsoft akan mengintegrasikan SSH client ke dalam PowerShell, namun hingga saat ini belum ada kabarnya lagi.

Solusi koneksi ke SSH Server yang paling popular dan banyak digunakan untuk Windows adalah aplikasi pihak ketiga yang bernama PuTTY.

Download PuTTY dari situs resminya. Kamu bisa memilih untuk mendownload file installer, atau mend-download file PuTTY.exe yang berfungsi sebagai aplikasi portabel.

Setelah selesai mendownload dan memasangnya di komputer Windows kamu, buka aplikasi ini, dan kemudian melakukan konfigurasi.

Ketik Host Name atau alamat IP dari SSH server yang kamu tuju, pada kotak dibawah tulisan “Host name (or IP address).” Pastikan angka pada kotak dibawah Port, sama dengan angka port yang dibutuhkan oleh SSH server. Biasanya menggunakan port 22, tetapi server sering mengkonfigurasi untuk menggunakan port lain.

Setelah memastikan benar Host Name atau alamat IP dan Port, klik tombol Open di bawah untuk melakukan koneksi ke SSH server.

Sekarang akan muncul security alert jika kamu baru pertama kali melakukan koneksi ke server. Hal ini memberitahukan bahwa kamu belum pernah terhubung ke server ini sebelumnya. Tidak apa-apa, klik OK untuk melanjutkan.

Setelah itu akan muncul Window atau jendela baru, disini kamu harus memasukan username dan juga password akun SSH server kamu. Jika benar, kamu akan masuk ke dalam server, untuk keluar atau mengakhiri koneksi tinggal tutup Window ini.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh PuTTY. Sebagai contoh, jika kamu butuh untuk menggunakan file private key untuk otentikasi dengan SSH server, kamu bisa menemukan pilihan ini pada Connection-> SSH-> Auth pada Window PuTTY Configuration yang muncul ketika kamu membuka aplikasi ini.

Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa membaca PuTTY manual.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.