99 Persen Ransomware Incar Sistem Operasi Windows

99 Persen Ransomware Incar Sistem Operasi Windows

Tingkat pertumbuhan ransomware yang semakin tinggi merupakan kabar buruk baik kita pengguna sistem operasi Windows. Karena menurut laporan terbaru dari perusahaan keamanan, Carbon Black, mengungkap bahwa 99% serangan ransomware menargetkan sistem operasi Windows.

Kenapa produk Microsoft? Alasanya sangat simpel karena Microsoft memiliki pangsa pasar yang sangat besar, dimana Windows merupakan sistem operasi desktop yang paling banyak digunakan. Banyak serangan ransomware yang dipelajari menggunakan tool terpercaya dari Microsoft seperti PowerShell, agar mereka lolos dari software antivirus tertentu. Malware tertentu bahkan menggunakan PowerShell untuk men-download dan menjalankan ransomware.

Sementara sistem operasi dekstop Mac buatan Apple menurut Carbon Black “hampir tidak tersentuh” oleh ransomware. Dari segelintir keluarga ransomware yang menargetkan Apple Mac, dilaporkan hanya satu ransomware yang benar-benar merusak.

Laporan ini dibuat oleh Carbon Black Threat Analysis Unit (TAU). Tim ini melakukan analisa terhadap lebih dari 1.000 sampel ransomware, kemudia mereka membaginya ke dalam 150 keluarga. Intinya, mereka menemukan bahwa kebanyakan penyerang mencari cara untuk menghasilkan uang dengan cepat, dengan mengkombinasikan tool yang relatif tidak canggih namun disampaikan dengan cara yang terbilang canggih.

Meskipun dampaknya terbilang sangat besar, namun sebenarnya ransomware tidak terlalu rumit. Sebenarnya sebagian besar serangan hanya membutuhkan sedikit coding. Selain itu, pertumbuhan Bitcoin, pertumbuhan dark web dan munculnya layanan Ransomware as a Service (RaaS) membuat siapa saja dapat melakukan serangan ransomware.

Untuk itu bagi organisasi yang menggunakan komputer atau server dengan sistem operasi Windows harus selalu waspada. Mereka harus fokus dalam melakukan patching dan juga metode standar keamanan lainnya untuk melindungi aset-aset yang mereka miliki, dan juga mengedukasi pegawainya agar terhindar dari phishing yang merupakan pintu dari berbagai serangan tidak hanya ransomware.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.