Tips Windows 10 Matikan Fitur OneDrive

Tips Windows 10: Matikan Fitur OneDrive

Pada Windows 10, OneDrive menjadi satu kesatuan, bahkan memiliki node sendiri di File Explorer. Sinkronisasi OneDrive berjalan otomatis pada saat startup.

Kamu bisa memilih untuk tidak menggunakan OneDrive. Mungkin karena kamu lebih memilih menggunakan layanan Cloud Storage dari perusahaan lain seperti Google Drive atau Drop Box atau layanan sejenis lainnya. Atau mungkin kamu mempunyai filosopi untuk tidak menyimpan file di Cloud karena masalah privasi. Apapun alasannya, kamu bisa untuk mengabaikan fitur OneDrive.

Jika ada popup yang muncul yang menanyakan apakah ingin sign in ke OneDrive, sebaiknya kamu pilih Cancel. Kamu juga bisa mengubah setting OneDrive supaya tidak lagi berjalan otomatis pada startup.

Meski sudah membuatnya tidak berjalan pada startup, namun ikon OneDrive masih tetap muncul pada navigasi pane di File Explorer. Untuk membuatnya benar-benar hilang, kamu bisa mengedit registry untuk menghilangkannya.

Pada Windows 10 Pro dan Entripise, kamu bisa menggunakan Group Policy untuk mengubahnya. Buka Local Group Policy Editor (dari search bar ketik Gpedit.msc), lalu navigasi ke Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Components > OneDrive. Double klik pada policy Prevent The Usage oF OneDrive For File Storage, dan set ke Enable.

Setelah itu kamu bisa merestart komputer, dan kamu tidak akan menemui lagi ikon OneDrive pada navigation pane dan sinkronisasi juga tidak akan lagi berjalan.

Sementara pada Windows 10 Home, Group Policy tidak tersedia. Jadi kamu harus mengedit registry secara manual menggunakan Registry Editor, pada search bar ketik regedit. Navigasi ke HKLM\Software\Policies\Microsoft\Windows\OneDrive, jika tidak ada registri file sync, kamu bisa membuat sendiri value DWORD, DisableFileSyncNGSC, dan set menjadi 1. Restart komputer untuk membuat policy ini efektif.

Perubahan ini berlaku bagi semua user atau pengguna di perangkat komuter yang sama. Jika sebelumnya kamu pernah sinkronisasi file ke OneDrive, file ini tetap ada di folder OneDrive lokal, tetapi tidak lagi dihubungkan ke OneDrive begitu juga sebaliknya. Dan mematikan OneDrive juga bisa menghemat kuota internet, jika kamu mengandalkan koneksi internet lewat jaringan seluler.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.