Scan Celah Komputer Dari Ransomware dengan Eternal Blues

Scan Celah Komputer Dari Ransomware dengan Eternal Blues

Ransomware merupakan kata yang menyeramkan dalam beberapa bulan terakhir ini. Dunia dihebohkan dengan serangan ransomware WannaCry yang menyerang komputer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dan yang kedua adalah NoPetya, ransomware yang menargetkan sistem dan komputer di seluruh penjuru Eropa.

Dengan dua serangan ransomware berskala sangat besar ini, sangat dimengerti banyak orang yang bertanya-tanya apakah komputernya dapat diserang oleh ransomware?

Pengembang yang bernama Elad Erez mempunyai jawabannya dengan mengembangkan aplikasi scanner yang mudah digunakan, yang memungkinkan pengguna untuk mendeteksi apakah komputer yang digunakannya di jaringan aman dari serangan ransomware atau tidak. Aplikasi yang dikembangkannya ini dipanggil dengan nama Eternal Blues.

Eternal Blues, merupakan aplikasi yang diberi nama hampir sama dengan metode serangan jaringan yang terkenalkan EternalBlue. Metode ini yang digunakan oleh ransomware WannaCry dan NoPetya, dan kabarnya masih banyak lagi ransomware yang menggunakan metode ini.

Tidak seperti file scanner vulnerability yang kompleks, Eternal Blue mudah digunakan, pengguna cukup mengklik tombol Scan dan menunggu hingga proses scan selesai. Setelah proses scan selesai, akan terlihat daftar status dari masing-masing alamat IP yang terhubung ke jaringan.

Perangkat yang ada dijaringan yang aman dan tidak memiliki celah dilabeli dengan “No,” sementara yang memiliki celah dilabeli “Yes.” Jika koneksi tidak aktif maka akan dilabel “No Response.”

Bagaimana Jika Perangkat Dilabeli Yes?

Bagaimana jika hasil scan menunjukan ada perangkat di jaringan yang dilabeli dengan Yes? Cara yang paling simpel untuk menutup celah ini adalah dengan mengupdate sistem perangkat yang rentan tersebut.

Apabila Anda sedang mencari web hosting yang cepat dan handal untuk Anda gunakan pada website, Anda bisa mengandalkan //www.jakartawebhosting.com sebagai web hosting terpercaya Anda. Karena Jakartawebhosting.com menyediakan web hosting Indonesia, web hosting dengan server yang menggunakan HDD maupun SSD yang sangat terjamin kecepatan dan sumber daya resourcenya. Anda cukup pilih mana yang Anda inginkan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli nama domain dengan harga domain murah se Indonesia di Jakarta Web Hosting Indonesia. Bila anda sebuah perusahaan, anda ingin menggunakan layanan Cloud Hosting? Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Cloud Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data serta server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu anda 24 jam setiap hari dan biaya langganan yang menarik.

.