Gunakan EasyCMD Untuk Command Dasar CMD

Gunakan EasyCMD Untuk Command Dasar CMD

Command Prompt atau CMD bagi beberapa pengguna merupakan tool yang sulit untuk penggunaan harian. Namun tersedia tool yang dapat mempermudah kamu untuk menggunakan Command Prompt, salah satunya yang akan saya bahas adalah EasyCMD. Yang merupakan derivasi sederhana dari Command Prompt yang memungkinkan kamu menjalankan command atau perintah CMD dengan tampilan UI yang rapi.

EasyCMD Untuk Windows

Tool ini bisa kamu gunakan gratis dan menariknya dalam bentuk portable, artinya kamu dapat langsung menjalankan file exe tanpa harus meng-install-nya ke komputer. Tool ini dapat menjalankan perintah dasar, namu sayangnya ada beberapa fungsi yang tidak ada. Kamu dapat menjalankan banyak perintah dasar dan menyimpan hasil dari eksekusi perintah tersebut. Selain itu ada juga daftar dari perintah yang paling sering digunakan, dimana kamu bisa menggunakan perintah ini, memodifikasinya dan menjalankannya.

Command Promt Dengan UI

Karena tool ini dimaksudkan untuk digunakan untuk tugas yang lebih sederhana, kamu mungkin menghadapi beberapa kesulitan saat menjalankan beberapa hal lain. Seperti menjalankan program Java yang tidak dimungkinkan, tetapi pada CMD tidak ada masalah. Kamu hanya bisa menjalankan perintah, dan tidak menjalankan program yang memerlukan masukan pengguna lebih lanjut.

Jika kamu tahu perintah apa yang harus dijalankan, yang perlu dilakukan adalah memasukan perintah dan tekan tombol Execute. Hasil output dari CMD bisa langsung dilihat dalam text box dan kamu bisa meng-copy lalu meng-paste ke tempat lain. Selain itu ada pilihan untuk mengeskpor output menjadi file txt untuk tujuan membaginya.

Meskipun perintah ‘cd’ (change directory) tidak berjalan dengan baik dengan EasyCMD. Kamu dapat mengganti directory dengan meng-copy file exe program dan meng-paste pada direktori yang diinginkan. Menjalankan exe dari directory yang diinginkan hanya bisa membantu kamu jika kamu ingin menjalankan beberapa perintah folder tertentu.

EasyCMD bukan pengganti lengkap untuk CMD yang kuat. Tapi kamu dapat memanfaatkannya sebagai tool yang mudah untuk digunakan. Tool yang hanya dapat menjalankan perintah yang simpel dan melakukan operasi dasar. Terdapat juga daftar perintah dasar yang terlah dimasukan seperti Ping atau ipconfig. Tool ini dapat sangat berguna jika kamu tidak tahun perintahnya, dan hanya untuk menjalankan perintah sederhana dan kamu ingin melakukannya dari UI.

Download EasyCMD disini.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.