Cara Menambah Program, File dan Folder di Windows Startup

Cara Menambah Program, File dan Folder di Windows Startup

Tidak semua program Windows dapat mengkonfigurasi dirinya sendiri agar secara otomatis mulai atau automatic start ketika perangkat komputer sedang startup. Tetapi kita secara manual dapat membuat program atau software, file dan folder berjalan pada saat Windows Startup, dengan menambahkannya pada folder Startup.

Beberapa aplikasi memang sudah mengkonfigurasi dirinya agar dapat berjalan pada saat Windows Startup, tetapi jika kamu ingin menjalankan startup secara otomatis, kamu juga bisa menambahkannya. Tidak hanya program, kamu juga dapat menambahkan file dan folder pada System Startup.

Bagaimana cara menambahkan program, file dan folder di System Startup pada Windows? Metode yang akan saya bahas ini dapat menambahkan yang kamu inginkan pada Windows Startup, dan bisa digunakan pada Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.

Dan yang perlu diingat, semakin banyak program yang berjalan pada saat startup, maka waktu proses startup juga semakin lama. Dan jika kamu tidak ingin ada program yang berjalan pada saat startup, kamu juga bisa melakukannya dengan metode ini.

Langkah Pertama: Buka Folder Windows Startup

Folder Startup merupakan salah satu folder hidden atau tersembunyi. Untuk itu kita perlu menampilkan folder hidding pada File Explorer. Caranya dari menu Search (Windows + S) ketik Folder Option, buka, kemudian pilih tab View. Cari pilihan “Hidden files and folders” dan centang pada “Show hidden files, folders, anda drives.”

Secara teknis folder ini ada dilokasi C:\ProgramData\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\StartUp. Cara yang mudah untuk membukanya, jalankan Run, lalu ketik “shell:startup,” dan tekan enter.

Akan terbuka folder Startup, sekarang kamu bisa menambahkan program, file dan folder yang diinginkan.

Cara Menambah Program, File dan Folder di Windows Startup

Langkah Kedua: Membuat Shortcut di Startup

Untuk membuat program, file atau folder berjalan pada Windows Startup, yang perlu kamu lakukan adalah membuat shortcut dan menaruhkan pada folder Startup.

Untuk menambahkan shortcut pada folder Startup, buka folder dimana program, file atau folder berada. Tinggal drag dan drop, dari folder asal ke folder Startup. Dan sekarang program, file dan folder tersebut akan berjalan ketika startup.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.