Cara Membuat Penggantian Password Secara Berkala di Windows 10

Cara Membuat Penggantian Password Secara Berkala di Windows 10

Windows 10 hadir dengan banyak sekali fitur yang sangat bagus, seperti autentikasi biometric dengan Windows Hello, perlindungan malware dengan Windows Defender dan Windows Update untuk membuat perangkat kamu selalu up-to-date dan aman. Namun dengan semua fitur ini, perangkat komputer kita masih tetap rentan, karena siapa saja bisa masuk dengan menggunakan password yang sama yang tidak pernah diganti.

Meski kita pengguna dapat mengganti password kapan saja, namun kita juga bisa untuk mengatur agar Windows 10 selalu mengingatkan untuk mengganti password secara berkala.

Ada beberapa metode untuk mengaktifkan fitur di atas pada Windows 10, dan berikut ini adalah caranya.

Mengganti Password Secara Berkala Menggunakan Group Policy

Jika kamu menggunakan komputer dengan Windows 10 Pro, Enterprise atau Education, kamu bisa menggunakan Local Group Policy Editor untuk menentukan setiap berapa waktu (hari) untuk mengingatkan mengganti password untuk akun lokal.

Cara Membuat Penggantian Password Secara Berkala di Windows 10

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyword untuk membuka aplikasi Run.
  2. Lalu ketik gpedit.msc dan klik OK untuk membukan aplikasi Local Group Policy Editor.
  3. Lalu masuk ke path berikut ini: Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Account Policies > Password Policy.
  4. Pada bagian kanan, double klik pada Maximum password age policy.
  5. Masukan lama hari untuk penggantian password pada Windows 10, 72 hari sangat disarankan atau kamu bebas mengatur lama harinya.
  6. Klik OK untuk menyelesaikannya.

Setelah waktu 72 hari atau sesuai dengan hari yang kamu tentukan, Windows 10 akan mengingatkan kita untuk mengganti password ketika kita mencoba untuk sign in.

Mengganti Password Secara Berkala Untuk Akun Microsoft

Jika kamu login menggunakan akun Microsoft kamu pada komputer Windows 10, kamu juga dapat untuk menggunakan fitur pengingat penggantian password secara berkala. Untuk melakukannya kamu perlu koneksi ke internet.

Cara Membuat Penggantian Password Secara Berkala di Windows 10

  1. Buka aplikasi web browser dari komputer Windows 10 dan masuk ke situs Microsoft Account kemudian sign ini.
  2. Cari tab Security & privacy, kemudia klik Change password.
  3. Buat password baru.
  4. Lalu centang pada pilihan “Make me change my password every 72 days.”
  5. Dan klik Next untuk menyelesaikannya.

Dan perlu diingat untuk cara ini akan mengganti semua password layanan Microsoft lainnya seperti OneDrive, Outlook.com, Skype dan yang lainnya.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.