Ubah Teks Jadi Audio Dengan Notepad

Ubah Teks Jadi Audio Dengan Notepad

Banyak orang yang suka mendengar apa yang ditulis dalam paragraf atau dalam dokumen. Inilah yang menjadi alasan kenapa audio book menjadi sangat popular. Pada artikel kali ini saya akan menunjukan cara untuk ubah teks jadi audio dengan Notepad di komputer Windows.

Kenapa Menggunakan Notepad?

Karena Notepad merupakan salah satu editor teks yang paling popular, dengan penggunaan yang simpel namun powerful. Tidaknya bisa menulis teks, tetapi juga bisa menulis script.

Cara Ubah Teks Jadi Audio Dengan Notepad

1. Buka program Notepad. Kamu bisa mencarinya dengan mengetik Notepad di Windows Search atau tekan Win+R dan ketik Notepad dan tekan Enter.

2. Sekarang, copy script dibawah ini dan paste ke dalam Notepad:

Dim message, sapi
 message = InputBox("Konverter teks ke audio simpel"+vbcrlf+"Oleh - windowshostingindonesia.com","Konverter Teks ke Audio")
 Set sapi = CreateObject("sapi.spvoice")
 sapi.Speak message

3. Setelah meng-copy paste script di atas, save file. Tapi kamu janga menyimpannya sebagai standar .txt, ganti format menjadi .vbs. Buat nama file misalnya teksaudio.vbs, lalu save. Namanya terserah kamu, asal ektensinya adalah .vbs (Visual Studio Script).

4. Sekarang masuk ke folder dimana kamu menyimpan file .vbs yang tadi. Di kasus saya, saya menyimpannya di desktop agar lebih mudah dicari.

5. Setelah ketemu filenya, klik dua kali file tersebut. Dan sekarang akan terbuka Window baru. Kamu tinggal masukan teks yang kamu inginkan pada kolom isiian dibawah, lalu klik OK. Dan Windows akan membacakan teks yang kamu masukan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.