Mengenal Microsoft Exchange Server

Mengenal Microsoft Exchange Server

Microsoft Exchange Server merupakan platform email, kalender, kontak, penjadwalan dan kolaborasi dari Microsoft yang digunakan pada sistem operasi Windows Server. Layanan ini biasanya digunakan oleh perusahaan dan bisnis besar.

Microsoft merancang Exchange Server untuk memberikan pengguna akses ke platform messaging pada smartphone, tablet, komputer desktop dan sistem berbasis web. Kemampuan telepon di Exchange Server mendukung pesan suara (voice message). Pengguna Exchange dapat berkolaborasi melalui calender dan document sharing. Fitur keamanan dan penyimpanan memungkinkan organisasi untuk mengarsip konten, melakukan pencarian dan menjalankan tugas kepatuhan.

Memahami Microsoft Exchange Server 2016

Exchange Server 2016 merupakan versi terbaru, yang memiliki dua peran server: Server edge transport dan server mailbox. Perubahan ini menyederhanakan penerapan dan pengelolaan infrastruktur Exchange Server untuk memungkinkan skalabilitas, utilisasi dan ketahanan hardware yang lebih besar.

Server edge transport melindungi organisasi dari serangan. Administrator menerapkannya di luar firewall perusahaan untuk menangani semua lalu lintas pesan ke internet. Server ini menyediakan kontrol terpusat atas aliran pesan untuk mengamankan sistem dari spam dan malware. Dan juga menjalankan peraturan transportasi untuk direct message yang masuk dan keluar dari sistem Exchange Server.

Peran server mailbox menggabungkan peran mailbox dan peran client access yang sebelumnya terpisah pada versi Exchange Server sebelumnya. Fungsi client access menjalankan otentikasi, beberapa layanan redirection dan proxy dengan protokol client, seperti HTTP, Post Office Protocol, Internet Message Acces Protocol dan Simple Mail Transport Protocol. Client access menangani keamanan dan transfer data perpesanan. Sementara fungsi mailbox untuk mengontrol konten dan pengelolaan kotak pesan yang aktif, seperti mendukung protokol client access, transport service, mailbox database dan unified messaging functions.

Fitur Microsoft Exchange Server 2016

Exchange Server 2016 menambahkan beberapa fitur baru. Microsoft menambahkan integrasi dengan Exchange Online untuk memungkinkan platform hybrid messaging. Pengaturan ini dapat menguntungkan perusahaan yang mungkin tidak dapat melakukan migrasi penuh ke Exchange Online karena alasan peraturan atau teknis.

Kemampuan mailbox search membuat pengguna mudah untuk menemukan dan bekerja dengan konten yang sesuai dengan mereka. Fitur pencegahan kehilangan data membantu administrator mengenali dan melindungi informasi sensitif. Kebijakan perpesanan, pengarsipan, dan audit memberikan penanganan konten pesan yang lebih baik.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.