Cara Rename Banyak File di Windows Explorer

Cara Rename Banyak File di Windows Explorer

Windows Explorer merupakan salah satu aplikasi penting pada sistem operasi Windows (di Windows 10 bernama File Explorer) bahkan sampai dengan Windows Server sekali pun. Dari aplikasi ini kita bisa menghapus, meng-copy, meng-cut file yang ada di dalam setiap folder, hingga mengganti nama dari setiap file.

Kali ini saya akan membahas cara untuk rename banyak file di Windows Explorer, dan yang pastinya akan dibahas lebih lanjut ke bagian Windows Server, karena kita membahasnya di dalam artikel yang berhubungan dengan Windows hosting.

Rename Single File di Windows Explorer

Untuk rename single file pada Windows Explorer pasti sudah banyak yang tahu.

  • Dari Windows Explorer, klik pada file yang diinginkan lalu klik tombol “rename” dari menu Home diatas.
  • Atau bisa juga dengan mengklik kanan file yang diinginkan, lalu pilih “rename” dan ketik nama baru yang diinginkan.
  • Atau bisa juga di Windows Explorer, klik pada file yang diinginkan dan tekan F2 di keyboard, lalu tulis nama baru.
  • Setelah selesai me-rename file tinggal tekan enter untuk mengkonfirmasi.

Rename Banyak File di Windows Explorer

Jika kamu ingin rename banyak file di dalam folder yang sama dan file-file ini akan memiliki nama yang tidak jauh berbeda satu sama lain, ada cara mudah untuk rename banyak file ini.

Mulai dengan mengklik beberapa file, tekan tombol CTRL di keyboard lalu klik file yang diinginkan atau tahan tombol Shift di keyboard sambil tekan panah. Setelah memilih beberapa file, klik tombol Rename dari menu Home diatas, atau klik kanan lalu pilih Rename, atau tekan F2 dari keyboard.

Kamu akan diminta untuk memasukan nama baru untuk file-file ini, nama yang kamu ketik pada satu file akan di-apply kesemua file yang tadi dipilih dan ditambah nomor pengurutan dibelakangnya. Setelah me-rename tinggal tekan enter.

Cara Rename Banyak File di Windows Explorer

Rename banyak file dengan cara ini hanya berguna jika file memiliki nama yang sama, seperti misalnya nama file film seri, ataupun file lainnya.

Karena sering kali orang-orang menyepelekan web hosting untuk websitenya, yang berujung websitenya lemot untuk diakses. Maka dari itu, pastikan Anda memilih web hosting yang memiliki kecepatan server dan kecepatan internet yang sangat cepat. Sehingga website Anda dapat diakses dengan cepat oleh pengunjung.

Selain itu, pastikan keamanan juga tak kalah diutamakan. Karena keamanan data Anda dalam server web hosting menjadi taruhan nyawa website Anda supaya tetap berjalan. Maka dari itu, pilih web hosting yang memiliki keamanan server yang sangat ketat dengan sistem keamanan yang berlapis sampai ke anti virus yang mampu menghalau segala macam virus.

Itu lah alasan kenapa Anda harus memilih Jakartawebhosting.com

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi https://www.jakartawebhosting.com yang menyediakan layanan WordPress Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.