Cara Menghapus Folder Windows Old di Windows 10

Cara Menghapus Folder Windows Old di Windows 10

Setiap kali kita mengupgrade sistem operasi Windows yang digunakan pada PC kita ke versi terbaru, seperti mengupgrade dari Windows 8.1 ke Windows 10 tanpa dengan proses instalasi dengan memformat hard drive terlebih dahulu. Atau ketika meng-instal Windows Insider Preview test build terbaru, install wizard akan menyimpan copy dari versi sebelumnya pada folder yang bernama “Windows.old” di hard drive komputer kamu.

Copy ini merupakan mekanisme perlindungi jika sesuatu berjalan tidak sesuai dengan yang diinginkan selama proses instalasi. Jika sesuatu yang buruk terjadi, sistem operasi dapat menggunakan copy backup tersebut untuk kembali ke versi sebelumnya secara otomatis. Atau pada kasus di Windows 10, kamu juga mendapat pilihan untuk kembali ke versi sebelumnya, jika kamu tidak menyukai update terbaru.

Namun jika semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ada masalah pada versi terbaru sistem operasi yang kamu gunakan, maka kamu harus menghapus folder Windows Old, karena ukuran dari folder ini sangat besar. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara menghapus folder Windows Old dan juga file lainnya yang memiliki ukuran bisa lebih dari 15GB, sangat besar bukan.

Cara Menghapus Folder Windows Old di Windows 10

Folder Windows.old tersimpan pada hard disk dimana sistem operasi Windows di-install, biasanya ada di drive C:. Namun kamu tidak bisa menghapus folder Windows Old hanya dengan menekan tombol delete, kamu perlu menggunakan tool Disk Cleanup.

1. Buka File Explorer, cara cepat adalah dengan menekan tombol Windows + E pada keyboard.
2. Pada bagian kiri, klik This PC.
3. Dibawah Devices and drives, klik kanan pada drive dengan dimana OS Windows 10 terpasang (biasanya adalah Drive C:), lalu pilih Properties.
4. Klik tombol Disk Cleanup.
5. Lalu klik tombol Clean up system.
6. Pilih (centang) pilihan Previous Windows Installation untuk menghapus folder Windows old. Disini kamu juga bisa memilih untuk menghapus file instalasi lainnya, termasuk Windows upgrade log files dan Temporary Winwos installation files, yang juga menghabis beberapa GB.
7. Setelah memilih file-file yang ingin dihapus, klik tombol OK.
8. Akan muncul pop-up untuk mengkonfirmasi, klik Delete Files.
9. Pada Disk Cleanup warning klik Yes untuk menyelesaikan proses.

Menyimpan versi instalasi sebelumnya merupakan metode yang sangat berguna jika ingin kembali ke versi sebelumnya. Namun jika instalasi berjalan sukses dan tidak ada masalah, dan kamu tidak ingin kembali ke versi lama, folder Windows old dan folder instalasi lain hanya akan memenuhi hard drive komputer kamu saja. Apalagi jika kamu memiliki hard drive dengan kapasitas yang terbatas, maka kamu harus segera menghapusnya.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.