Cara Mengakses Control Panel di Windows 10

Cara Mengakses Control Panel di Windows 10

Pada update Windows 10 Creator Update, Microsoft memutuskan untuk menghapus shortcut Control Panel, Win + X. Control Panel sangat berguna bagi saya untuk mengubah settingan tertentu, dan ketika membutuhkan cepat untuk membukanya kini sudah tidak bisa lagi menekan Win + X untuk membuka Control Panel.

Jika kamu seperti saya, jangan khawatir karena masih ada beberapa cara mengakses Control Panel di Windows 10 dengan cepat. Berikut ini adalah beberapa cara mengakses Control Panel di Windows 10.

1. Menggunakan Search

Kamu bisa mengakses Control Panel di Windows 10 dari kolom Search. Yang harus kamu lakukan adalah membuka Search, lalu ketik Control Panel pada search bar dan tekan enter. Jendel Control Panel akan terbuka.

2. Menggunakan Run dan Command Promp

Kamu juga menggunakan Run dan Command Prompt untuk membuka Control Panel.

Pertama tekan Win + R pada keyboard untuk membuka Run, lalu ketik CMD dan tekan enter untuk membuka Command Promp. Di Command Prompt langsung ketik control dan tekan enter untuk membuka Control Panel.

Jika yang terbuka Powershell, kamu juga langsung bisa mengetik control dan tekan enter untuk membuka Control Panel.

3. Melalui Start Menu

Kamu juga bisa menemukan shortcut Control Panel pada Start Menu di bagian Apps. Buka Start Menu, scroll ke bawah klik pada folder Windows System, dan kamu akan menemukan Control Panel di dalamnya.

4. Membuat Shortcut Control Panel di Taskbar

Atau jika kamu sering mengakses Control Panel di Windows 10, lebih baik kamu membuat shortcut-nya di taskbar.

  • Pertama buka Control Panel dengan metode apapun di atas.
  • Klik kanan pada icon Control Panel di Taskbar (di bawah) dan pilih pilihan Pin to taskbar, untuk mengunci icon Control Panel di taskbar. Jadi jika ingin membukannya kamu tinggal mengklik iconnya saja di taskbar.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.