Cara Melindungi Dari Serangan KRACK

Cara Melindungi Dari Serangan KRACK

Setiap hari selalu saja ada serangan siber baru yang mengancam, dan yang terbaru serangan yang sangat serius mengancam banyak jaringan WiFi yang ada di dunia termasuk jaringan WiFi yang digunakan di rumah kamu. Serangan ini dipanggil dengan nama KRACK, dan pada post kali ini saya akan membahas mengenai cara melindungi dari serangan KRACK.

Apa Itu KRACK?

KRACK merupakan singkatan dari Key Reinstallation AttaCK. Ketika kamu menghubungkan perangkat baru ke jaringan WiFi, dan mengetik password, 4-langkah handshakes mengambil alih dan memastikan bahwa kamu memasukan password yang benar. Namun, dengan memanipulasi handshake ini, penyerang dapat melihat dan men-dekripsi apa saja yang terjadi di jaringan WiFi.

Setelah seseorang memiliki akses ke jaringan WiFi kamu, mereka si penyerang dapat melihat semua data yang di transmisi melalui jaringan tersebut, dan bahkan dapat meng-inject data mereka seperti memasukan malware, ransomware dan file berbahaya lainnya.

Serangan KRACK, dilaporkan mengancam hampir semua perangkat dengan WiFi yang ada di dunia. Perankat Linux dan Android yang paling rentan, karena WiFi client yang mereka gunakan. KRACK tidak hanya mengungkap password WiFi kamu, jadi mengganti password-nya tidak akan melindungi kamu.

Cara Melindungi Dari Serangan KRACK

Masalah keamanan serius ini tampaknya akan beredar untuk beberapa waktu. Namun, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk melindungi perangkat kamu.

Update Semua Perangkat Yang Kamu Gunakan

Jika ada notifikasi yang memberitahukan ada update software terbaru, jangan pernah untuk menundanya. Mulai sekarang kamu harus segera update software setelah muncul pemberitahuannya, karena setiap harinya ada saja serangan siber baru yang mengancam.

Karena masih belum lama ditemukan, mungkin patch-nya masih belum tersedia, tetapi akan segera dirilis. Pastikan saja mulai sekarang kamu harus meng-update software segera setelah muncul pemberitahuannya.

Tetapi Apple mengatakan semua versi beta dari iOS, macOS, watchOS, dan tvOS sudah termasuk fix untuk KRACK. Dan juga Microsoft telah merilis patch untuk melindungi dari serangan KRACK sebelum serangan ini terkenal.

Gunakan HTTPS

Jika kamu mengunjungi website ecommerce atau banking atau website lainnya yang mengharuskan memasukan data pribadi, pastikan saja website tersebut menggunakan enkrips HTTPS. Tandanya, pada sebelah kiri URL di web browser yang kamu gunakan ada icon gembok berwarna hijau.

Gunakan VPN

Atau untuk lebih amannya menggunakan VPN untuk mengenkripsi koneksi kamu. Dengan mengenkripsi koneksi kamu, tidak akan ada yang bisa untuk meng-intercept data yang ditransmisi. Dan jangan gunakan VPN gratis, karena yang ada malah penyedia VPN gratis yang mengumpulkan data kamu.

Pasang Antivirus

Pasang software keamanan atau antivirus, baik di perangkat komputer Windows, Linux, atau Mac yang kamu gunakan, dan pasang juga di perangkat Android yang kamu gunakan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.