Cara Kirim File Besar Secara Aman dengan Firefox Send

Cara Kirim File Besar Secara Aman dengan Firefox Send

Kita memang hidup di era internet, namun mengirim file berukuran besar melalui web masih terasa sulit. Menggunakan email untuk mengirim file berukuran besar merupakan cara yang sangat buruk, atau menggunakan layanan penyimpanan berbasis cloud bisa jadi jawaban namun biasanya layanan ini memiliki space yang terbatas.

Mozilla belum lama mulai menguji coba layanan baru yang bernama Firefox Send. Dengan layanan baru ini siapa saja dapat mentransfer file berukuran besar secara lebih aman.

Firefox Send memiliki tampilan yang mudah dipahami. Untuk mengirim file pengguna tinggal mengklik tombol upload yang telah disediakan, atau langsung drag & drop file yang diinginkan. Yang membuat aman layanan baru ini adalah ketika file telah selesai di download atau setelah 24 jam maka secara otomatis akan dihapus dari server Mozilla, sehingga file tidak tersedia selamanya untuk di download. Selain itu juga file akan dienkripsi sebelum di-upload.

Untuk memulainya sangat mudah layanan ini bukan dalam bentuk aplikasi dan juga kamu tidak perlu untuk meng-install browser Firefox dari Mozilla. Kamu bisa menggunakan browser modern apapun: Google Chrome, Firefox, Opera, Safari atau Microsoft Edge, lalu kunjungi situs send.firefox.com.

Situs ini hanya memiliki satu halaman utama, yang berisi kotak dimana di sini kamu bisa meng-upload file yang diinginkan. Kamu bisa memilih “Select a file on your computer” atau langsung men-drag & drop file yang kamu inginkan di dalam kotak ini.

Setelah memilih file, file akan diverifikasi secara lokal dan mengenkripsi file sebelum di-upload ke server Firefox Send. Proses verifikasi dan enkripsi mungkin akan lama tergantung prosesor yang digunakan pada komputer kamu, dan proses upload juga akan lama tergantung pada koneksi internet dan ukuran file. Setelah proses selesai kamu akan mendapatkan link untuk men-download file ini.

Ingat file hanya dapat di download satu kali, jadi jangan rept untuk mengirim link ke beberapa orang. Setelah satu kali di download file secara otomatis akan dihapus. Menurut saya ini salah satu kekurangan Firefox Send. Namun layanan ini masih dalam tahap testing, mungkin Mozilla akan mengubah hal ini.

Memang Firefox Send masih dalam tahap testing yang masih dari kata sempurna, namun jika ingin mengirim file berukuran besar secara aman kepada satu orang, layanan ini sangat direkomendasikan.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.