Apakah Microsoft Edge Lebih Aman Dari Chrome atau Firefox

Apakah Microsoft Edge Lebih Aman Dari Chrome atau Firefox

Microsoft merilis sistem operasi baru Windows 10 dengan banyak fitur baru termasuk aplikasi web browser eksklusif yang dipanggil dengan nama Edge. Dalam salah satu banner iklannya, Microsoft Edge diklaim “lebih aman” dari aplikasi web browser yang menjadi pesaing utamanya, Google Chrome dan Mozilla Firefox. Apakah memang benar demikian?

Klaim dari Microsoft ini berdasarkan laporan dari NSS Labs. Mereka menemukan bahwa fitur keamanan SmartScreen pada Microsoft Edge, mampu menangkal 99% sampel SEM (Socially Engineered Malware). Sementara Google Chrome hanya mampu menangkal 85,8%, dan Mozilla Firefox hany mampu menangkal 78,3%.

Apa Itu SmartScreen?

Fitur SmartScreen pertama kali diperkenalkan pada Internet Explorer 7 sebagai filter untuk ancaman Phising, dan kemampuannya terus ditingkatkan sejak saat itu. Chrome dan Firefox memiliki fitur yang sama, namun tidak seperti pada Microsoft Edge, peringatannya tampil lebih mencolok dengan warna merang terang yang menandakan bahasa. Fitur ini akan mengecek halaman web yang dikunjungi oleh pengguna dan juga aplikasi terhadap daftar ancaman jahat. NSS Labs menemukan bahwa aplikasi browser buatan Microsoft ini lebih mempunyai daftar yang lebih baik dari halaman web yang berisi malware dan phising.

Tetapi SmartScreen bukan satu-satunya fitur keamanan dari Edge. Fitur ini memang sangat membantu, namun kamu tetap perlu untuk menggunakan aplikasi anti virus dan malware yang bagus.

Fitur Keamanan Lain Yang Dimiliki Microsoft Edge

Untuk bersaing dengan Chrome dan Firefox, Microsoft terus mengembangkan dan menambah fitur-fitur keamanan.

Sandboxing

Microsoft Edge dan Google Chorme telah mengintegrasikan teknologi sandboxing secara penuh. Fitur sandbox ini akan memisahkan setiap komponen dari browser seperti tabs, windows dan plugin, sebagai cintoh menjadi proses indivual. Setiap proses ini dilarang untuk berinteraksi dengan proses lainnya ataupun proses dari luar, menjadikannya lebih sulit untuk kode malicious menyebar ke seluruh komputer.

Mimisahkan browser menjadi beberapa proses, juga dapat meningkatkan kinerja dengan prosesor multi-core.

Update Otomatis

Ingin tahu kenapa pengembang secara berkala selalu merilis update? Karena pengembang rutin untuk membuat patch yang akan memperbaiki celah keamanan. Jadi kamu harus selalu mengupdate aplikasi browser yang kamu gunakan atau menyalakan otomatis update. Untuk update Edge, Microsoft merilisnya melalui Windows Update.

Melindungi Privasi

Ketiga browser popular ini memiliki mode privasi, pada Chrome dengan kenal dengan Incognito, pada Firefox dikenal dengan Private Browser, dan juga Edge dari Microsoft memiliki fitur InPrivate on Edge.

Firefox menjadi yang terbaik pada bidang ini. Pada tahun 2015, Tracking Protection diperkenalkan, dimana fitur ini dapat menghapus semua elemen tracking dari halaman website yang dikunjungi melalui Private Browsing.

Meski aplikasi browser saat ini sudah mampu melindungi dirinya sendiri dari ancaman siber, tidak ada salahnya kamu juga memasang aplikasi antivirus dan anti-malmare.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.