Windows Server Beta Terbaru Hadirkan Dukungan Linux Container

Windows Server Beta Terbaru Hadirkan Dukungan Linux Container

Tampaknya Microsoft dan Linux pelan-pelan mengubah posisi mereka yang sebelumnya merupakan musuh abadi menjadi sekutu dalam hal infrastruktur. Dimana pada pekan kemarin, Microsoft mengungkap bahwa versi beta untuk Windows Server version 1709 akan menawarkan dukungan untuk Linux Container.

Sejak dipimpin oleh CEO baru Satya Nadella, posisi Microsoft terhadap Linux secara bertahap mulai melunak, dan menggubah trend dari infrastruktur. Sebagai tambahan untuk mendukung Linux as Hyper-V virtual machines dan membuat Linux-base Azure Cloud Switch (ACS), raksasa yang bermarkas di Redmond ini memberikan kemampuan kepada user tertentu untuk menjalankan host dari distribusi Linux dengan Windows Subsystem for Linux (WSL).

Dan sekarang, Microsoft memperat hubungannya dengan Linux dengan mengumumkan dukungan Linux container. Hal ini sebagai respon dari para pengembang yang ingin menjalankan Windows container atau Linux container di mesin yang sama.

Fitur ini menggunakan Hyper-V isolation untuk menjalankan kernel Linux dengan OS yang cukup untuk mendukung container. Microsoft bekerja keras membangun teknologi tersebut dengan fungsionalitas baru di Hyper-V, ikut kerja sama dengan komunitas Linux, dan berkontribusi pada proyek open source Moby dimana teknologi Docker dibangun.

Jika pengguna menggunakan Windows 10 atau Windows Server Insider Preview build 16267 atau yang lebih baru, memiliki build Docker daemon berbasis Moby master brance, dan memiliki image Linux yang kompatibel, pengguna bisa memulainya haris ini. Fitur Linux container untuk pengguna biasa sekitar bulan Oktober 2017.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana cara menjalankan containet Docker Linux di Windows dapat mengunjungi blog Docker. Selain itu Ubuntu juga menjelaskan detik bagaimana pengguna dapat menjalan Ubuntu container dengan Hyper-V Isolation disini.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.