Memperbaiki Performa Windows 10 Yang Lambat

Memperbaiki Performa Windows 10 Yang Lambat

Banyak pengguna Windows 10 yang menghadapi performa yang dirasa semakin melambat seperti yang saya rasakan. Masalah ini dirasa terutama input yang terasa ngelag, dan hal ini bisa diperbaiki dengan men-tweaking beberapa settings Page File di Windows 10. Jadi bagaimana cara untuk memperbaiki performa Windows 10 yang semakin melambat, dan cara untuk meningkatkan kinerjanya.

Banyak pengguna komputer dengan Windows 10 yang melaporkan masalah performa yang lambat baik pada forum resmi Microsoft dan juga forum seperti Reddit setelah mengupgrade sistem operasinya.

Ada beberapa masalah yang terkait dengan performa Windows 10, dimana banyak pengguna yang curhat menghadapi masalah sistem yang melambat, seperti misalnya: Setelah mengklik Menu Start, dibutuhkan waktu sekitar 2 – 3 detik untuk muncul, atau membutuhkan beberapa saat untu me-refresh desktop. Menghadapi masalah ini banyak pengguna yang kemudian malah kembali mendowngrade versi Windows yang digunakannya.

Menurut beberapa pengguna di forums Microsoft Community, masalah performa Windows 10 yang melambat bisa diperbaiki dengan mengutak-atik pengaturan Page File di Windows 10 yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Jika kamu menghadapi performa Windows 10 yang melambat, kamu bisa mengubah pengaturan default untuk kontrol Page File.

Meningkatkan Performas Windows 10 dengan Mengubah Page File

  1. Buka Start Menu dan cari Control Panel, dan klik aplikasi tersebut.
  2. Setelah terbuka window baru Control Panel, pada kolom search di atas kanan, ketik Performance, dan klik tombol Enter.
  3. Sekarang terbuka windows untuk Adjust the appearance and performance of Windows.
  4. Kemudian pilih pada tab Advanced dan klik Change pada bagian Virtual Memory.
  5. Sekarang hapus centang pada pilihan “Automatically manage paging file size for all drives.”
  6. Kemudian pilihan pada default drive C: dimana sistem Windows 10 di-install, kemudian pilih Custom Size. Dan ganti Initial Size dan Maximum Size, sesuai dengan nilai yang direkomendasikan oleh sistem Windows, bisa lihat pada nilai Reccomended dibawah.
  7. Setelah mengganti nilainya, sekarang klik Set dan lalu klik tombol OK untuk menyimpannya.
  8. Sekarang reboot atau restart komputer kamu agar perubahan ini memberikan efek dan memperbaiki masalah performa Windows 10.

Setelah komputer atau laptop kamu menyala kembali, seharusnya kini performa Windows 10 menjadi lebih baik.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.