Cara Memonitor Penggunaan Internet di Komputer Windows

Cara Memonitor Penggunaan Internet di Komputer Windows

Jika kamu menggunakan internet di komputer Windows dengan mengandalkan koneksi seluler pastinya sering was-was apakah kuota paket internet sebulan kamu akan habis dalam hanya dalam beberapa minggu saja atau mungkin masih seminggu bisa saja sudah habis.

Atau ada alasan lain kamu ingin mengetahui penggunaan internet di komputer Windows kamu. Maka pada artikel kali ini saya akan membahas 5 program yang dapat kamu instal untuk memonitor penggunaan internet di komputer Windows kamu. Dan inilah daftarnya.

1. NetBalancer

NetBalancer, salah satu tool jaringan yang powerful. Tool ini bisa kamu gunakan untuk memonitor keseluruhan sistem termasuk beberapa network adapter dan semua proses termasuk juga system service. Yang berarti kamu dapat memonitor koneksi LAN dan Wi-Fi secara bersamaan baik protokol IPv4 dan IPv6.

Tool ini juga bisa digunakan untuk menentukan proses mana yang dapat menjadi prioritas dan membatasi kecepatan dari masing-masing proses. Sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk versi berbayar. Dan untuk versi gratis kamu juga bisa mengecek kecepatan jaringan dan analisis traffic untuk semua aplikasi dan service.

2. Net Guard

Net Guard merupakan program gratis yang menawarkan fitur-fitur yang terbilang sangat keren. Salah satunya adalah tool untuk memonitor bandwidth. Selain itu tersedia juga tool untuk membatasi bandwidth jaringan secara global dan mencari tahu program mana yang menggunakan bandwidth secara berlebihan.

Ada juga tool untuk membuat laporan penggunaan bandwidth dari masing-masing program dan service. Dan prediksi penggunaan bandwidth per bulan berdasarkan penggunaan kamu.

3. Bandwidth Monitor

Sesuai dengan namanya program ini bisa digunakan untuk memonitor penggunaan bandwidth yang mudah digunakan. Tool ini dapat digunakanuntuk mengecek kecepatan jaringan dan penggunaan bandwidth, tetapi tidak untuk mengecek proses atau service satu per satu.

4. NetTraffic

NetTraffic merupakan tool yang simpel untuk memonitor penggunaan internet pada beberapa network adapter atau koneksi seperti LAN dan Wi-Fi. Namun tool ini tidak dapat untuk memonitor penggunaan internet per aplikasi dan server, hanya secara umum penggunaan bandwidth saja.

5. NetworkUsageView

Dengan program ini kamu bisa melihat informasi penggunaan bandwidth untuk aplikasi dan service. Dan tool ini merupakan yang paling ringan dibandingkan dengan 4 program lainya yang telah disebutkan di atas.

 

Bagi kamu yang sedang mencari hosting, Jakartawebhosting.com menyediakan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.