Cara Membuat Bootable VMware ESXi di Flash Disk

Cara Membuat Bootable VMware ESXi di Flash Disk

Standar industri untuk software virtualisasi adalah VMware, dengan dukungan perangkat lunak dan dukungan yang luas untuk bisnis dari semua ukuran. Bagusnya ada penawarkan gratis VMware ESXi, yang merupakan hypervisor dasar yang dapat dijalankan pada perangkat keras server bare-metal agar profesional IT dapat mengenal produk dan membantu organisasi untuk pengelolaan dan skalabilitas terpusat.

Sementara banyak server baru menambahkan sentuhan modern untuk memfasilitasi penyebaran VMware, seperti menggunakan internal SD card reader untuk men-load hypervisor ke SD card untuk memaksimalkan semua sumber daya yang ada. Server ini juga menggunakan optical drive, yang dapat memuat VMware ke server agak sulit pada awalnya.

Tetapi jangan khawatir, karena USB flash drive atau flash disk telah terbukti lebih dari mampu untuk mengganti media optik sebagai sarana bootable sistem operasi. Dan mengingat kemampuan read/write yang lebih cepat, menginstal pastinya lebih cepat menggunakan flash disk.

Pada artikel kali ini, saya akan membahas cara untuk membuat bootable flashdisk dengan VMware ESXi di dalamnya, dari komputer dengan sistem operasi Windows. Namun sebelumnya, kamu harus menyiapkan beberapa persyaratan di bawah ini.

  1. Komputer Windows tentunya (XP atau lebih baru).
  2. Aplikasi Rufus, download dari website resminya.
  3. File ISO VMware ESXi dari website resminya, kamu perlu registrasi.
  4. Flash disk minimal 4GB.
  5. Koneksi internet, tidak harus tetapi direkomendasikan.

Membuat USB Installer

  1. Colokan flash disk ke komputer Windows.
  2. Buka aplikasi Rufus, tidak perlu install.
  3. Di aplikasi Rufus, dibawah Device, pilih flash disk yang kamu colokan.
  4. Selanjutnya, pada Partition scheme, pilih MBR Partition Scheme For BIOS Or UEFI.
  5. Selanjutnya klik ikon CD, lalu pilih file image VMware ESXi ISO yang tadi kamu sudah download.
  6. Lalu, klik tombol Start untuk memulai proses formatting dan partitioning flash disk dan mengekstrak file ISO ke flash disk.

Dan ingat file yang ada di flash disk akan hilang semuanya karena di format, jadi sebelum menjalankan proses ini kamu sudah memindahkan file yang ada di dalam flash disk.

Tunggu hingga proses transfer selesai, hal ini tergantung dari spesifikasi komputer yang digunakan. Kamu mungkin akan diberitahu untuk mengupdate file menu.c32, karena yang digunakan oleh image ISO lebih tua dibandingkan yang digunakan oleh Rufus pada flash disk. Jika ini terjadi klik Yes, untuk men-downloadnya dari internet. Setelah proses selesai, media instalasi VMware ESXi berbasis USB telah jadi dan kini kamu bisa men-setup hyperviso di server kamu.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.