Apa Itu Domain Name dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Domain Name dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya apa itu domain name? Pada post kali ini saya akan mencoba menjawab apa itu domain name dan menjelaskan cara kerjanya.

Apa Itu Domain Name?

Domain name atau nama domain merupakan alamat dari suatu website yang orang-orang ketik di browser ketika ingin mengunjunginya. Misalkan kamu ingin membuka website Facebook, pastinya di browser yang kamu gunakan kamu mengetik www.facebook.com atau facebook.com, inilah yang disebut dengan nama domain.

Bagaimana Cara Kerja Domain Name?

Internet merupakan jaringan raksasa yang menghubungkan jutaan atau mungkin miliaran komputer. Masing-masing komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya.

Untuk mengidentifikasi mereka, setiap perangkat komputer diberikan alamat IP termasuk server yang kita gunakan untuk meng-host website, yang merupakan seri dari angka-angka. Contoh alamat IP seperti:

123.345.67.8

Tentunya akan sangat sulit untuk mengingat angka-angka tersebut untuk mengakses website kamu, lebih mudah untuk mengetik alamat seperti facebook.com. Inilah yang mendasari dikembangkannya nama domain.

Apa Bedanya Domain Name dengan Web Hosting?

Jika diibaratkan nama domain adalah alamat rumah kamu, sedangkan web hosting adalah rumah yang kamu sewa, dimana data-data website kamu disimpan.

Web hosting ini sebenarnya adalah komputer server yang disewakan oleh perusahaan penyedia web hosting. Di sini kamu dapat menyimpan semua data-data website kamu agar dapat diakses oleh pengguna internet dari mana saja.

Jadi untuk memiliki website, kamu wajib memiliki domain name dan menyewa web hosting.

Dimana Bisa Mendapatkan Domain Name dan Web Hosting?

Kebanyakan penyedia web hosting juga menerima pendaftaran nama domain, jadi melalui satu perusahaan hosting kamu bisa mendaftarkan nama domain dan menyewa web hosting. Namun tentunya kamu juga bisa mendaftarkan nama domain dan menyewa web hosting di dua tempat yang berbeda.

Selain memilih nama domain, kamu juga wajib untuk memilih ektensinya. Ekstensi ini berada di belakang nama domain, misalnya Facebook.com ekstensinya adalah .com. Beberapa ekstensi yang popular diantaranya .com, .net, .org, .tv dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu ada ekstensi spesifik untuk negara tertentu seperti .co.id dan .id yang merupakan ekstensi Indonesia. Dan untuk harga ekstensi ini berbeda-beda ada yang mahal ada yang murah bahkan ada juga yang gratis, dan juga persyaratannya berbeda-beda, seperti .co.id membutuhkah SIUP/TDP/Akte/NPWP untuk mendaftarkannya.

Dan perlu diingat juga jika nama domain sudah ada yang menggunakannya, kita tidak lagi bisa menggunakannya.

Jakartawebhosting.com menerima pendaftaran domain name dan juga menyewakan web hosting dengan berbagai pilihan paket yang menarik.