7 Fitur Windows 10 Yang Dapat Mencegah Serangan Siber

7 Fitur Windows 10 Yang Dapat Mencegah Serangan Siber

Seiring dengan serangan siber yang semakin meningkat, pengguna Windows 10 harus mengetahu beberapa fitur Windows 10 yang dapat membantu melindungi data perusahaan.

Perusahaan sering menghadapi serangan siber seperti phishing, keylogger, worm, spyware hingga ransomware. Karena lanskap ancaman yang kita hadapi saat ini sangat beragam, tidak cukup menggunakan satu tool atau fitur yang kita aktifkan dan kemudian kita menjadi aman.

Sebelum memulai rencana keamanan yang komprehensif, perusahaan perlu menentukan di mana data yang paling berharga menurut penjahat siber, dan kita harus menyusun rencana untuk fokus pada area tersebut.

Berikut ini adalah 7 fitur Windows 10 yang dapat membantu perusahaan untuk mencegah dari serangan siber.

1. Windows Defender Smart Screen

Windows Defender Smart Screen, dapat membantu melindungi pegawai ketika mereka mencoba untuk mengunjungi situs yang sebelumnya telah dilaporkan sebagai phishing atau malware, dan mengentikan mereka dari men-download file yang berpotensi bahaya. Fitur ini juga dapat membantu melindungi terhadap iklan palsu, situs scam dan serangan drive-by.

2. Windows Defender Application Guard

Aplication Guard menawarkan perlindungan terhadap ancaman yang ditargetkan untuk pengguna Microsoft Edge, menggunakan teknologi yang bernama Hyper-V virtualization. Cara kerjanya dengan membuat daftar putih (whitelist): Pengguna dapat menentukan situs-situs yang terpercaya untuk di jelajah secara bebas. Jika situs tidak aman, Aplication Guard akan membuka container, dan akan memblokir akses ke memori, local storage, aplikasi yang terinstal lainnya, jaringan endpoint, atau sumber daya lainnya yang menjadi target si penyerang.

3. User Account Control

User Account Control (UAC) dapat melindungi pengguna dengan mencegah malware dari merusak mesin, dan membantu organisasi untuk menggunakan desktop yang dikelola lebih baik. Ketika fitur ini diaktifkan, aplikasi dan task selalu berjalan di security context jika menggunakan akun non-administrator. Hanya akun administrator yang dapat mengakses ke sistem. Fitur ini juga dapat memblokir aplikasi yang dapat terinstal otomatis, dan mencegah pengubahan pada setting sistem.

4. Windows Defender Device Guard

Windows Defender Device Guard merupakan fitur Windows 10 ini yang daoat mengubah dari mode dimana aplikasi adalah trusted kecuali diblokir oleh antivirus, ke mode dimana sistem operasi hanya dapat menjalankan aplikasi yang telah diautorisasi oleh perusahaan. Fitur ini mengoperasikan dua komponen: Pertama, kernel mode code integrity (KMCI) melindungi proses kernel mode dan driver dari serangan zero-day dan celah lainnya menggunakan HVCI. Kedua, user mode code integrity (UMCI) merupakan daftar puith yang dapat mengunci komputer untuk hanya dapat menjalankan aplikasi yang telah diijinkan oleh perusahaan.

5. Windows Defender Exploit Guard

Fitur Windows 10 yang bernama Defender Exploit Guard ini termasuk perlindungan terhadap exploit, attack surface reduction rules, perlindungan jaringan, dan controlled folder access. Tool ini juga menyediakan legacy app protection termasuk arbitraty code guard, blocking low-integrity images, blocking untrusted fonts, dan exporting address filtering.

6. Microsoft Bitlocker

Bitlocker merupakan solusi enkripsi yang ada di Windows 10 Pro dan Enterprise. Fitur ini dapat membantu memitigasi akses daya tang tidak diijinkan dengan meningkatkan perlindungan file dan sistem, dan membuat data tidak dapat diakses jika komputer dinonaktifkan atau di-recycled.

7. Windows Defender Credential Guard

Windows Defender Credential Guard merupakan fitur Windows 10 yang menggunakan keamanan berbasis virtualisasi untuk mengisolasi data rahasia, hanya software tertentu yang dapat mengakses mereka, jadi dapat melindungi terhadap pencurian data rahasia. Mengaktifkan fitur ini juga menawarkan keamanan hardware dan perlindungan yang lebih baik terhadap ancaman yang lebih canggih.

 

Jakartawebhosting.com menyediakan layanan Windows Hosting, dengan kecepatan dan stabilitas pusat data dan server yang baik, up time server 99,9%, team support yang siap membantu 24 jam dan biaya langganan yang menarik.